Putra Toraja, Irjen Pol Verdianto Iskandar Bitticaca, Jabat Kapolda Sulawesi Barat

KAREBA-TORAJA.COM, JAKARTA — Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo merotasi sejumlah jabatan strategis di tingkat perwira tinggi dan perwira menengah Polri. Salah satunya adalah Kapolda Sulawesi Barat (Sulbar).

Rotasi itu tertuang dalam Surat Telegram Kapolri dengan Nomor ST/747/IV/KEP/2022 tertanggal 13 April 2022. Surat itu ditandatangani oleh AS SDM Polri Irjen Wahyu Widada.

Dalam surat tersebut, jabatan Kapolda Sulbar yang dijabat Irjen Pol Eko Budi Sampurno diganti oleh Irjen Pol Verdianto Iskandar Bitticaca. Sementara Irjen Eko saat ini diangkat menjadi Wakalemdiklat Polri. Sedangkan Irjen Pol Verdianto Iskandar Bitticaca, sebelumnya menjababat Kakorpolairud Baharkam Polri.

Irjen Pol Verdianto Iskandar Bitticaca merupakan perwira tinggi Polri yang lahir di Makassar pada 4 Januari 1967. Ia merupakan Akpol angkatan 1988. Ia merupakan anak keenam, dari sembilan bersaudara, buah kasih Ishak Bangun Bitticaca dan Antoneta Ta’bi Pangala.

Baca Juga  Selain Pangan Serta Relawan, Pemda dan Polres Toraja Utara Juga Buka Dapur Umum di Mamuju

Untuk jabatan Kapolda, Irjen Pol Verdianto mengikuti jejak dua putra Toraja lainnya, yakni Irjen Pol Matius Salempang (mantan Kapolda Sulsel dan Kapolda Kaltim) serta Irjen Pol Aris Budiman Bulo, yang saat ini menjabat Kapolda Kepulauan Riau (Kepri).

Sejumlah jabatan strategis pernah diduduki Irjen Pol Verdianto Iskandar Bitticaca, diantaranya Kasat Brimob Polda DIY tahun 2002, Kapolres KP3 Belawan Polda Sumut tahun 2007. Juga Kapolres Binjai Polda Sumut tahun 2007. Selain itu ia juga pernah menjabat sebagai Kasat Brimob Polda Sumut pada 2008, Kasat III/Pelopor Korbrimob Polri pada 2011, Karo Ops Polda Sulteng pada 2013, dan Dirlantas Polda Jatim pada 2014.

Verdianto juga pernah bekerja di Polda Metro Jaya sebagai Kepala Biro Operasional pada 2016. Dua tahun jabatan itu ia emban, hingga pada 2018 ia ditugaskan sebagai Danpaspelopor Korbrimob Polri. Sedangkan jabatan Kakorpolairud Baharkam Polri didudukinya sejak 3 Agustus 2020. (*)

Baca Juga  Dilanda Gempa Bumi Berkekuatan Besar, “Pray for Sulbar” Menggema di Linimasa Media Sosial

Penulis: Desianti
Editor: Arthur

Komentar