oleh

Viral Tiang Listrik di Tengah Jalan, Kalem: Sudah Mau Dipindahkan

KAREBA-TORAJA.COM, REMBON — Satu batang tiang listrik milik PLN berdiri tepat di tengah jalan raya beraspal di kampung Longdo, Lembang (Desa) Sarapeang, Kecamatan Rembon, Tana Toraja, viral di media sosial.

Betapa tidak, berdasarkan foto yang berdar di media sosial sejak Kamis, 10 Maret 2022 pagi, tiang listrik tersebut berdiri tepat di tengah jalan poros Kabupaten, yang menghubungkan Kecamatan Rembon dan Malimbong Balepe’ hingga ke objek wisata Tulaklangi. Atau jalan poros Illong Tedong-Longdo.

Keberadaan tiang listrik di tengah jalan ini, selain tidak lazim, juga sangat membahayakan pengguna jalan.

Sebelumnya, beberapa tiang listrik milik PLN juga terlihat berada di tengah jalan yang baru dikerjakan beberapa tahun belakangan ini. Namun, keberadaan tiang listrik itu sudah dipindahkan oleh PLN Makale.

Baca Juga  Sabtu Lusa, Ada Vaksinasi Berhadiah Sembako dari Polres Tana Toraja di Mengkendek

Kepala Lembang (Desa) Sarapeang, Hariyanto Talondong, yang dikonfirmasi kareba-toraja.com, Kamis, 10 Maret 2022 malam, mengakui bahwa tiang listrik yang berdiri di tengah jalan itu ada di wilayah lembangnya.

Namun, Hariyanto menyebut, berdasarkan hasil koordinasi pihaknya dengan PLN dan PUPR, disepakati bahwa tiang listrik itu akan dipindahkan setelah pekerjaan pengaspalan jalan tahap dua.

“Jadi, sesuai hasil koordinasi kami dengan PLN dan PUPR, tiang listrik ini akan dipindahkan setelah pengaspalan tahap kedua selesai. Di lokasi, sudah ada tiang listrik pengganti yang terpasang di pinggir jalan. Tinggal memindahkan jaringannya saja,” tutur Heriaynto.

Heriyanto  menguraikan, sebelumnya juga ada beberapa tiang listrik yang berdiri di badan jalan poros kabupaten tersebut. Itu lokasinya ada di pekerjaan pengaspalan tahap satu.

Baca Juga  BREAKING NEWS: Talud Rumah Jabatan Bupati Tana Toraja Longsor

“Seperti pengerjaan tahap satu kemarin, setelah selesai, kemudian semua tiang listrik yang ada di badan jalan dipindahkan ke sisi jalan,” urai Heriyanto.

Tiang listrik ini awalnya berada di pinggir jalan. Namun setelah ada pengerjaan pelebaran jalan sesuai dengan standar jalan kabupaten sehingga posisinya berubah dan berada di tengah badan jalan.

Proses pemindahan tiang listrik yang dilakukan PLN di jalan poros Malimbong-Batas Pinrang pada lokasi pengerjaan pengaspalan tahan 1, beberapa waktu lalu. (foto: dok. Polantas Toraja).

Terpisah, anggota DPRD Tana Toraja, Sony Palullungan, meminta pihak PLN segera memindahkan tiang listrik tersebut. Sebab, keberadaan tiang listrik di tengah jalan itu sangat membahayakan pengguna jalan.

“Rencana besok saya mau koordinasi ke PLN, semoga segera teratasi masalah itu,” kata Sony, Kamis malam. (*)

Penulis: Desianti
Editor: Arthur

Komentar

Berita Lainnya