oleh

Himpunan Mahasiswa Toraja Timur Renovasi Rumah Milik Lansia yang Hidup Sebatang kara di Rantebua

KAREBA-TORAJA.COM, RANTEBUA — Puluhan mahasiswa yang tergabung dalam Himpunan Mahasiwa Toraja Timur (HMTT) dibantu masyarakat setempat melakukan renovasi rumah milik perempuan lanjut usia (lansia) bernama Indo’ Bungka’ (80 tahun) yang hidup sebatang kara.

Renovasi ini dilaksanakan mahasiswa HMTT pada Senin, 11 April 2022. Rumah lansia terletak di Sarre, Dusun Bamba Buntu, Kelurahan Buangin, Kecamatan Rantebua, Toraja Utara.

Rumah yang berukuran 3X4 meter ini direnovasi pada bagian atap, dinding dan dapur yang sudah dianggap layak untuk diganti akibat sudah lapuk dan mengalami kebocoran pada bagian atap.

Selain itu, anggota HMTT juga membuatkan kamar mandi darurat dan mengupayakan aliran air bersih dari tetangga terdekat, mengingat sebelumnya Nenek Bungka’ hanya mengandalkan sumur tadah hujan di samping rumahnya yang digali sendiri untuk menampung air apabila musim hujan tiba.

Sebelum melakukan renovasi rumah milik Nene’ Bungka’, Himpunan Mahasiswa Toraja Timur terlebih dahulu melakukan bazar untuk mengumpulkan dana yang kemudian digabungkan dengan diakonia Jemaat Gereja Pa’kampan, untuk diguanakan membeli bahan dan perlengkapan renovasi.

Ketua  Himpunan Mahasiswa Toraja Timur, Ingwie Sampe, saat dikonfirmasi terkait bakti sosisal tersebut, mengatakan ini merupakan bagian dari program kerja tahunan Organisasi HMTT untuk membantu masyarakat yang layak mendapatkan bantuan.

“Ini kami lakukan karena ada program kerja kami tentang baksos dan kami mencari masyarakat yang kurang mampu dan benar-benar layak untuk dibantu. Dan teman-teman mengusulkan dan kemudian disepakati,” terang Ingwie Sampe.

Diketahui, Program kerja HMTT terkait Baksos, khusus merenovasi rumah masyarakat kurang mampu, sudah berjalan 2 tahun. Tahun sebelumnya dilaksanakan di rumah salah satu warga Kelurahan Bokin, Kecamatan Rantebua. (*)

Penulis: Desianti/Rls
Editor: Arthur

Komentar

Berita Lainnya