8 Lembang Gelar Pemilihan Kepala Lembang Serentak, Ini Pemenangnya

KAREBA-TORAJA.COM, RANTEPAO — Sebanyak delapan Lembang di Kabupaten Toraja Utara menggelar Pemilihan Kepala Lembang (Pilkalem) serentak pada Senin, 18 September 2023.

Pilkalem serentak ini digelar karena masa jabatan Kepala Lembang sebelumnya berakhir pada November 2023. Sehingga sebelum habis masa jabatan, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Lembang (DPML) menggelar pemilihan Kepala Lembang pada 8 lembang tersebut.

Sekretaris Dinas Pemberdayaan Masyarakat Lembang, Anugerah Yaya Rundupadang dalam keterangannya kepada KAREBA TORAJA, Selasa, 19 September 2023, menyatakan meski ada lembang yang perhitungan suaranya berlangsung hingga malam, namun secara umum, proses demokrasi Pilkalem itu berjalan baik dan lancar.

“Di Lembang Salu, Kecamatan Sopai, karena DPT-nya banyak, proses perhitungan suara berlangsung hingga malam hari. Meski begitu, semua proses berjalan aman, tertib, dan lancar,” kata Yaya.

Baca Juga  Ada Indikasi Pelanggaran K3 dalam Kasus Alat Berat Lindas Lansia Hingga Kritis di Bittuang

Dia menyebut, 8 Lembang yang menggelar Pilkalem pada Senin, 18 September 2023 itu, diantaranya Lembang Salu, Lembang Salu Sarre, dan Lembang Salu Sopai di Kecamatan Sopai. Kemudian Lembang Tonga Riu Kecamatan Sesean Suloara’, Lembang Tampan Bonga Kecamatan Bangkelekila, Lembang Batu Busa Kecamatan Buntu Pepasan, Lembang Dende’ Kecamatan Dende’ Piongan Napo, serta Lembang Karua Kecamatan Balusu.

Adapun hasil Pemilihan Kepala Lembang sesuai dengan Berita Acara Penetapan Hasil Pemilihan, pemenang Pilkalem di Lembang Salu adalah Yosep Karni Pasongka, calon nomor urut 2 dengan perolehan suara sebanyak 821 dari 2.009 DPT.

Kemudian, di Lembang Salu Sarre, Kecamatan Sopai, calon nomor urut 1, Yusuf Rombe unggul atas dua rivalnya, Andarias Bate’ dan Mika Rombe Bunga. Yusuf Rombe memperoleh 426 suara dari 686 suara sah.

Baca Juga  Kecelakaan Maut di Poros Ke’te Kesu’, Seorang Pemuda Meninggal Dunia

Di Lembang Salu Sopai, Kecamatan Sopai, ada 4 calon yang bertarung. Masing-masing, Aktor Manguling, Bartolomeus Bunga Patoding, Edy Patanduk, dan Deddy Pallangan. Pemenangnya adalah calon nomor urut 4, Dedy Pallangan dengan perolehan suara sebanyak 300.

Lalu di Lembang Tonga Riu Kecamatan Sesean Suloara’, calon nomor urut urut 3, Robin Sulu’ keluar sebagai pemenang atas dua calon lainnya. Robin memperoleh 278 suara dari 550 suara sah.

Di Lembang Tampan Bonga, Kecamatan Bangkelekila, petahana Immanuel Arung Tangnga masih terlalu tangguh bagi lawannya, Andarias Sallodda. Meski selisih suaranya tidak terlampau banyak, namun Immanuel Arung Tangnga tetap keluar sebagai pemenang.

Pilkalem Lembang Batu Busa, Kecamatan Buntu Pepasan diikuti oleh dua calon, yakni Marthen Lullu’ dan Marthina Kombong. Di Lembang ini, calon perempuan, Marthina Kombong keluar sebagai pemenang. Selisih suara keduanya hanya 13.

Baca Juga  Bupati Toraja Utara Lantik 4 Pimpinan Tinggi Pratama, 6 Kepsek, dan 113 Pejabat Struktural

Kemudian di Lembang Dende’, Kecamatan Dende’ Piongan Napo, ada 3 calon yang bertarung. Ketiganya adalah Alexander, Onesimus Banne Noling, dan Dorce Ratte. Dari 687 suara sah, calon nomor urut 1, Alexander mendapat suara terbanyak, yakni 336 suara. Disusul Onesimus dengan 312 suara.

Betrand Palamba yang merupakan Calon Kepala Lembang Karua, Kecamatan Balusu nomor urut 2, keluar sebagai pemenang pada Pilkalem Karua yang diikuti oleh 667 warga tersebut. Betrand mendapat lebih dari setengah suara sah, yakni 406 suara. Sedangkan rivalnya, Agustinus Tandilolo hanya mendapat 271 suara. (*)

Penulis: Desianti
Editor: Arthur

Komentar