oleh

Pendeta Alfred Anggui Terpilih sebagai Ketua Umum BPS Gereja Toraja, Periode 2021-2026

KAREBA-TORAJA.COM, SOPAI — Pendeta Alfred Anggui terpilih sebagai Ketua Umum Badan Pekerja Sinode (BPS) Gereja Toraja, periode 2021-2026.

Mantan Ketua I BPS Gereja Toraja, periode 2016-2021 terpilih dalam Sidang Sinode Am (SSA) XXV Gereja Toraja yang berlangsung di Klasis Nonongan Salu, Kecamatan Sopai, Toraja Utara, Jumat, 22 Oktober 2021.

Agenda Sidang di hari terakhir, yakni pemilihan struktur kepengurusan Badan Pekerja Sinode (BPS) Gereja Toraja, periode 2021-2026, sebenarnya tertutup untuk media massa. Itu berdasarkan keterangan panitia kepada sejumlah wartawan yang sudah berada di lokasi SSA, namun terpaksa pulang karena tak diizinkan melakukan peliputan. Namun, informasi soal hasil pemilihan Ketua Umum langsung berseliweran di media sosial, beberapa saat pasca pemilihan yang dilakukan dua putaran tersebut.

Baca Juga  SSA XXV Berakhir, Ini Struktur Kepengurusan Baru BPS Gereja Toraja, Periode 2021-2026

Beberapa peserta SSA yang dikonfirmasi kareba-toraja.com melalui sambungan telepon, juga memberikan informasi serupa, bahwa Pdt Alfred Anggui terpilih sebagai Ketua Umum.

“Iya, Pak Pendeta Alfred yang terpilih. Sekarang sedang berlangsung pemilihan Ketua I-5 dan Sekretaris Umum,” ujar seorang peserta SSA yang tidak mau ditulis namanya.

“Iya, beliau (Pdt Alfred), baik putaran pertama maupun putaran kedua, memperoleh suara terbanyak,” sebut peserta lainnya.

Untuk diketahui, pada sesi pengajuan bakal calon, ada empat nama yang diusulkan, yakni Pdt Alfred Anggui, Pdt Soleman Allolinggi, Pdt Soleman Manguling, dan Pdt Sila Pasalli’.

Pada pemilihan putaran pertama, urutan peroleh suara, yakni Pdt Alfred Anggui, Pdt Soleman Allolinggi, Pdt Soleman Manguling, dan terakhir Pdt Sila Pasalli’.

Baca Juga  PKB Gereja Toraja Gelar Pertemuan Raya di Ulusalu, 65 Klasis dari Seluruh Indonesia Dijadwalkan Hadir

Pemilihan kemudian dilanjutkan ke putaran kedua, karena tidak ada calon yang memperoleh suara mayoritas. Persaingan antara Pdt Alfred Anggui dan Pdt Soleman Allolinggi berlangsung ketat. Di putaran kedua, menyisakan dua calon, yakni Pdt Alfred Anggui dan Pdt Soleman Allolinggi. Hasil akhir, Pdt Alfred unggul atas Pdt Soleman dengan selisih suara yang cukup tipis.

Nama Pdt Alfred Anggui sebenarnya tidak asing dalam percaturan untuk posisi pemimpin tertinggi di Gereja Toraja. Lima tahun lalu, saat SSA XXIV digelar di Makale, Tana Toraja, nama Pdt Alfred Anggui juga cukup santer didengungkan peserta untuk menjadi Ketua Umum. (*)

Penulis/Editor: Arthur

Komentar

Berita Lainnya