oleh

OmBas: TIF Bisa Mengangkat Budaya Toraja ke Dunia Internasional

KAREBA-TORAJA.COM, BALUSU — Bupati Toraja Utara, Yohanis Bassang mengatakan event Toraja International Festival (TIF) bisa mengangkat budaya Toraja, baik secara nasional maupun internasional.

Hal ini disampaikan OmBas, sapaan akrab Yohanis Bassang, saat membuka event Toraja Internastional Festival (TIF) ke-9, yang berlangsung di Tongkonan Buntu Pempon, Lembang Palangi, Kecamatan Balusu, Sabtu, 4 September 2021.

“Festival ini (TIF) ini bisa mengangkat budaya daerah kita ini sehingga bisa menarik wisatawan lokal maupun wisatawan asing untuk berkunjung,” ungkap OmBas.

Pembukaan TIF gelaran ke 9 ini dihadiri Direktur Event Daerah Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Resa Fahlevi .

“Kegiatan malam ini (TIF) sungguh memberikan inspirasi kepada kita semua, karena para peserta yang hadir malam ini bisa mengangkat budaya daerah kita untuk semakin dikenal di dunia internasional,” ujar OmBas.

Baca Juga  Halo Warga Toraja Utara, Ketahuilah, Kini Ada Perubahan Arus Lalu Lintas di Kota Rantepao

TIF, menurut OmBas, adalah event promosi wisata yang luar biasa. Di event ini, banyak seni maupun kebudayaan Toraja yang bisa ditampilkan, sehingga dikenal orang melalui tayangan televisi atau media lainnya.

“Karena kita adalah daerah pariwisata, maka kepada seluruh peserta yang akan tampil di event ini, saya mengajak untuk totalitas dengan penuh percaya diri dengan penuh ekspresi tampil sehingga orang terhibur dan tertarik untuk mengunjungi daerah kita,” katanya.

Direktur Event Daerah Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Resa Fahlevi mengatakan TIF adalah event luar biasa yang penuh dengan nilai-nilai seni tradisi Toraja. Nilai-nilai kebudayaan ini ditampilkan melalui konten-konten lokal yang merupakan warisan dari pada seni budaya.

Baca Juga  Satgas Covid-19 dan Polisi Hentikan Upacara Rambu Solo’ di Sanggalangi

“Tentu kami memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada pemerintah Kabupaten  Toraja Utara dan seluruh jajarannya, lokal suara project yang telah mempersiapkan kegiatan ini dengan sebaik-baiknya walaupun di masa pandemi ini tentu kegiatan hari ini dilakukan dengan inovasi dengan melakukan adaptasi di masa pandemi,” kata Resa.

Turut hadir dalam pembukaan Toraja International Festival ke-9 ini, diantaranya Kepala Dinas Kominfo Sulawesi Selatan, yang juga mantan Pjs Bupati Toraja Utara, Amson Padolo, Wakil Bupati Toraja Utara Frederik Viktor Palimbong, Sekda Toraja Utara Rede Roni Bare’, Forkopimda Toraja Utara serta Undangan lainnya.

Acara pembukaan yang berlangsung di bawah cuaca yang kurang bersahabat, juga diwarnai dengan insiden listrik padam, yang cukup mengganggu keberlangsungan acara. (*)

Baca Juga  3.400 Vial Vaksin Sinovac untuk Vaksinasi Covid-19 Tiba di Toraja Utara

Penulis: Papa Rey
Editor: Arthur

Komentar

Berita Lainnya