oleh

Menparekraf, Sandiaga Uno Hadiri Toraja and Beyond Tourism Week

KAREBA-TORAJA.COM, JAKARTA — Menteri Pariwisata dan Ekenomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno menghadiri pameran pariwisata bertajuk “Toraja and Beyond Tourism Week” yang dilaksanakan di Stasiun MRT Bundaran HI, Jakarta, Minggu, 3 Oktober 2021 malam.

Selain menghadiri dan melihat sendiri produk-produk unggulan pariwisata Toraja yang dipamerkan, Sandiaga bersama Bupati Toraja Utara, Yohanis Bassang, juga mencanangkan Pariwisata Toraja Bangkit.

Dalam sambutannya, mantan calon Wakil Presiden RI ini menyatakan sangat mendukung pengembangan pariwisata di Sulawesi Selatan, khususnya Toraja. “Ada tiga langkah yang kita lakukan untuk mempercepat pemulihan pariwisata pasca pandemi Covid-19, yakni gerak cepat, gerak bersama, dan gerakkan semua potensi.

Sandiaga menyebut Kemenparekraf akan memperluas produk unggulan pariwisata Toraja dengan standar baru dalam kegiatan pariwisata kementerian. “Dengan begitu kita berharap akan membantu pemerintah daerah dalam mempromosikan destinasi-destinasi yang keren di sana,” katanya.

Baca Juga  MASATA Hadir untuk Bangkitkan Pariwisata Toraja

Sandiaga juga mengatakan bahwa dalam ajang Toraja and Beyond Tourism Week dipamerkan produk hasil kebudayaan, mulai kuliner hingga kerajinan seni dihasilkan para UMKM sehingga menjadi kesempatan mengembangkan jaringan pasar UMKM karena dilihat juga warga negara asing.

Toraja and Beyond Tourism Week dilaksanakan secara offline di Stasiun MRT Bundaran HI, Jakarta, selama empat hari mulai tanggal 30 September s/d 3 Oktober 2021.

Kegiatan ini merupakan rangkaian acara Pesta Kesenian Toraja yang menampilkan Mini Exhibition UMKM, pertunjukan, penjualan produk UMKM khas daerah Toraja dan sekitar Sulawesi Selatan.

Toraja & Beyond Tourism Week ini menghadirkan berbagai kebudayaan yang ada meliputi tarian 4 Etnis di Sulawesi Selatan seperti Bugis (Tarian Paddupa), Makassar (Tarian Pakkarena), Mandar (Tarian Bulu Londong), dan Toraja (Tarian Ma’Gellu). Pengunjung juga dapat melihat langsung proses menenun dan mengukir dari komunitas UMKM.

Baca Juga  Prof NA: Tahun Ini 40 Persen Akses Jalan Pariwisata di Toraja Kita Tuntaskan

Toraja and Beyond Tourism Week diinisiasi oleh MRT Jakarta, dimana pimpinan MRT Jakarta sekarang adalah putra Toraja, William Sabandar. (*)

Penulis: Desianti/Rls
Editor: Arthur

Komentar

Berita Lainnya