oleh

Mengenang Pater Roger Leleu, CICM, Pendiri SPP Santo Paulus Makale

Pater Roger Leleu, CICM adalah rohaniwan sekaligus seorang ahli kimia yang memulai sekolah pertanian ini di Toraja pada tahun 1969. Sekolah yang kemudian dikenal dengan nama SPP Santo Paulus Makale (sebelumnya disebut SPMA). Sekolah pertanian satu-satunya di Toraja itu dikenal luas oleh masyarakat dengan sebutan SPP Pala-Pala.

Pater Roger Leleu, CICM lahir di Belgia pada 23 Desember 1922. Dia menjadi warga negara Indonesia pada 22 Juni 1981 dan wafat pada 1 November 1984. Jenazahnya dimakamkan di kompleks sekolah SPP Santo Paulus Makale yang dia rintis untuk mendidik kaum muda melalui sekolah pertanian yang bermutu dan berkualitas.

Dia rela meninggalkan tanah airnya di Eropa yang maju dan mapan untuk datang ke Indonesia, secara khusus di Toraja, mendedikasikan seluruh hidup, karya dan potensinya demi kemajuan pendidikan di bidang pertanian. Dia memilih dimakamkan di “Kebun Anggur” Tuhan tempatnya berkarya sepanjang hayatnya di Bumi Palisu Padang Palapala, Tana Toraja.

Baca Juga  Panen Raya Jagung “Srikandi Kuning" di SPP Santo Paulus Pala-Pala

Semoga di tahun-tahun yang akan datang, muncul tunas-tunas muda generasi bangsa, melanjutkan semangat pengabdian dan pelayanan Pater Roger Leleu, CICM yang tulus tanpa pamrih. Semoga generasi muda bisa terdidik dengan baik melalui lembaga pendidikan pertanian ini sekaligus menciptakan ketahanan pangan lokal yang berkualitas, sehat dan bermutu tinggi. Proficiat atas Pesta Pendiri SMKS SPP Santo Paulus Makale.

Mengenang Almarhum Pater Roger Leleu, CICM, Keluarga Besar Sekolah Menengah Kejuruan Swasta (SMKS) Sekolah Pembangunan Pertanian (SPP) Santo Paulus Makale memperingati “Hidup Abadi”-nya Pastor Pendiri SPP (dulu dikenal sebagai SPMA) di kompleks sekolah “Bumi Palisu Padang.”

Peringatan ini dirangkai dengan lomba sederhana “Pater Leleu Cup” yang berlangsung selama sepekan. Lomba sederhana ini meliputi pertandingan fulsal putra-putri, sepak takraw putra-putri, lari karung dan lari kelereng. Acara puncak peringatan sekaligus menutup rangkaian pertandingan olahraga ditandai dengan pawai lilin mengenang wafatnya atau “Hidup Abadi”-nya Pater Leleu, CICM pada tanggal 1 November 2021 bertepatan dengan peringatan gerejawi pesta semua orang kudus. Setelah pawai lilin ke makam Pater Leleu, CICM diadakan malam hiburan dengan penampilan Sendratari “Lebonna” dari siswa-siswi SPP.

Baca Juga  SPP Santo Paulus Pala-Pala Launching Program Distribusi Ayam KUB kepada Peternak Lokal

Puncak perayaan mengenang “Hidup Abadi” Pastor Pendiri dirayakan dengan Misa Kudus di kompleks makamnya dan dilanjutkan dengan kegiatan bersama dalam suasana sederhana namun penuh kegembiraan dan semangat persaudaraan.

Pada kesempatan ini, Ibu Eva Stevany Rataba, anggota DPR RI Dapil III Sulsel menyembatkan diri berkunjung dan bersilaturahmi ke SMKS SPP Santo Paulus Makale. Beliau disambut oleh Kepala Sekolah, Ibu Ernytha Anita Galla’, para guru, pegawai dan siswa-siswi. Ibu Eva Stefany Rataba yang menjadi anggota Komisi X bidang pendidikan senang dan bangga dengan adanya sekolah pertanian di Toraja. Sekolah ini menjadi satu-satunya sekolah pertanian di Kabupaten Tana Toraja dan Toraja Utara.

Beliau dalam kata sambutannya mengapresiasi bahwa anak-anak muda millenial dewasa ini masih peduli akan dunia pertanian. Mereka diharapkan menjadi petani-petani profesional yang terdidik baik, tanggung dan dibekali dengan ilmu pengetahuan serta teknologi maju dalam membangun pertanian dan ketahanan pangan.

Baca Juga  Wisuda Purna Siswa “Angkatan Emas” SMKS SPP Santo Paulus Pala-Pala

Beliau disambut dengan tarian oleh siswa-siswi SMKS SPP Santo Paulus Makale dan berkesempatan mencicip beragam hidangan dari siswa SPP termasuk menu spesial bebek pedaging hasil produksi siswa jurusan Agribisnis Ruminansia.

Anggota DPR RI, Eva Stevany Rataba berkunjung dan memberikan beasiswa kepada 52 siswa-siswi SMKS SPP Santo Paulus Makale.

Ibu Eva, demikian beliau akrab disapa, berjanji akan menyampaikan aspirasi dan perkembangan sekolah pertanian ini kepada Bapak Menteri Pertanian RI.

Ibu Eva pun memperhatikan pendidikan siswa-siswi yang datang dari berbagai penjuru daerah dengan memberikan bantuan beasiswa bagi 52 siswa-siswi SMKS SPP Santo Paulus Makale.

Moment spesial mengenang dan memperingati Pesta Pendiri Sekolah Pertanian ini adalah kesempatan baik bagi generasi muda menimbah inspirasi hidup dari sang misionaris tanggung tersebut. Proficiat atas Pesta Pendiri SMKS SPP Santo Paulus Makale.

Pastor Aidan P. SidikKetua Umum Yayasan Tani Palisu Padang

Komentar

Berita Lainnya