oleh

MASATA Hadir untuk Bangkitkan Pariwisata Toraja

KAREBA-TORAJA.COM, RANTEPAO — Pandemi Covid-19 dan beberapa sebab lain, membuat industri pariwisata mengalami penurunan, baik dari sisi tingkat kunjungan maupun sumbangan devisa bagi negara.

Berbagai pihak yang prihatin dan peduli dengan kondisi itu, melakukan langkah-langkah strategis untuk membangkitkan kembali industri pariwisata agar bisa berkontribusi bagi pemulihan ekonomi dan membantu masyarakat meningkatkan taraf hidupnya.

Salah satu elemen masyarakat yang peduli dengan kondisi pariwisata itu adalah Masyarakat Sadar Wisata yang tergabung dalam organisasi non profit MASATA. Organisasi ini memiliki visi untuk menjadikan masyarakat Indonesia mensyukuri nikmat dan rahmat Tuhan Yang Maha Esa, yang telah menganugerahkan kekayaan alam yang indah dengan menjadikan industri pariwisata sebagai bagian yang bermakna dalam kehidupan sehari-hari bagi pemerintah, sektor swasta, dan masyarakat Indonesia.

Baca Juga  Eva Stevany Rataba ; Pariwisata Tanggung Jawab Kita Bersama.

Secara nasional, organisasi MASATA ini sudah lama hadir. Dan kini, MASATA juga hadir dan akan berkarya di Kabupaten Toraja Utara. Para pengurus DPC MASATA Toraja Utara akan dikukuhkan dalam Rapat Kerja Daerah (Rakerda) MASATA DPD Sulawesi Selatan yang berlangsung, Sabtu, 27 Februari 2021 di Makassar.

Ketua DPC MASATA Toraja Utara, Damayanti Batti, mengatakan kehadiran MASATA di Toraja Utara adalah untuk melakukan berbagai kegiatan yang akan menunjang bangkitnya kembali kejayaan pariwisata di Toraja dengan melakukan pembinaan dan pendampingan kepada para pelaku pariwisata dan destinasi wisata di Toraja.

“Terlebih masa pandemi ini membuat industri pariwisata di Indonesia dan khususnya Toraja harus beradaptasi dengan melakukan pembenahan dan perhatian terhadap protocol kesehatan,” ujar Damayanti, Jumat, 26 Februari 2021.

Baca Juga  Bupati Toraja Utara Buka Event Toraja International Festival Gelaran ke 8, Live Tanggal 19 Desember

Istri Wakil Bupati Toraja Utara terpilih, Frederik Victor Palimbong, ini mengungkapkan menjelang pelantikan pengurus, MASATA Toraja Utara bersama Ketua Umum MASATA, Panca R. Sarungu, melakukan beberapa kegiatan permulaan, diantaranya bersilaturahmi dengan Kepala Dinas Pariwisata Toraja Utara, Yorry Lesawengan, untuk menyampaikan visi MASATA dan komitmen untuk saling mendukung dalam upaya memajukan industri Pariwisata di Toraja.

“Kami juga berkesempatan mengunjungi Desa Wisata Tikala di Kelurahan Tikala, Kecamatan Tikala dan Desa Wisata Nonongan untuk berbagi informasi dan kemungkinan untuk bersinergi dengan MASATA,” urai Damayanti.

Dia menyebut, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif telah menentukan 244 Desa Wisata di Indonesia yang akan ditargetkan menjadi Desa Wisata yang maju, mandiri dan tersertifikasi desa wisata berkelanjutan pada tahun 2024. Dari 244 Desa Wisata tersebut, empat diantaranya berada di Kabupaten Toraja Utara, yakni Nonongan (Sopai), Sa’dan Andulan (Sa’dan), Panta’nakan Lolo (Kesu’), dan Sesean Suloara’ (Sesean Suloara’).

Baca Juga  Kodim 1414: Dua Pesawat TNI AU yang Bolak-Balik di Langit Toraja Tidak Lakukan Latihan Militer

“Ke depan, kita akan bekerja dan bersinergi dengan semua pihak untuk memajukan Desa Wisata ini,” pungkasnya. (*)

Penulis: Herson Pasuang
Editor: Arthur

Komentar

Berita Lainnya