oleh

JRM Bantu Fasilitasi Kepulangan Jenazah Korban Penembakan KKB di Papua ke Toraja

KAREBA-TORAJA.COM, MAKALE — Anggota DPRD Provinsi Sulsel, yang juga mantan Ketua Ikatan Keluarga Toraja (IKT) Provinsi Papua, John Rende Mangontan menyatakan siap memfasilitasi kepulangan jenazah Almarhum Samsul Sattu dari Timika ke Makassar, selanjutnya ke Toraja.

Almarhum Samsul Sattu, 45 tahun, warga asal Kecamatan Kurra, Kabupaten Tana Toraja, tewas tertembak saat tengah menikmati kopi di teras rumahnya di Pancuran, Kampung Kibogolome, Distrik Ilaga, Kabupaten Puncak, Papua, Senin, 25 April 2022 sore.

Peristiwa ini hanya berselang dua pekan, karena sebelumnya, pada 12 April 2022, seorang warga sipil asal Toraja, Saleno Lolo, juga menjadi korban penembakan KKB di Kabupaten Puncak Jaya, Papua.

Pada Selasa, 26 April 2022, jenazah Almarhum Samsul Sattu diterbangkan dari Puncak ke Timika, Papua. Jenazah Almarhum tiba di Timika sekitar pukul 09.30 WIT. Kemudian dibawa menuju ke rumah duka di Jalan Sam Ratulangi, Gang Seasan, Jalur 3 Timika.

Baca Juga  Sasar Pemudik, Polres Toraja Utara Gelar Vaksinasi di Pos Pengamanan Lebaran 2022

Kedatangan jenazah korban disambut isak tangis keluarga dan sanak saudara. Ratusan warga Toraja yang tinggal di Timika, juga berdatangan ke rumah duka.

Kesediaan JRM, sapaan akrab John Rende Mangontan ini diungkapkan saat berkunjung ke rumah duka keluarga Samsul Sattu di Tampo, Makale, Tana Toraja, Selasa, 26 April 2022.

“Tadi saya datang ke rumah duka Almarhum Samsul Sattu untuk memberikan penghiburan serta memfasilitasi untuk kemudahan pemberangkatan jenazah dari Timika ke Toraja,” ungkap JRM, Selasa malam.

Menurut politisi Partai Golkar ini, rencana Rabu, 27 April 2022 pukul 14.00 WIT pesawat yang membawa jenazah Samsul Sattu take off dari Timika dan diperkirakan tiba di Makassar pukul 15.30 Wita.

Baca Juga  JRM: Toraja Kaya Akan Kebudayaan Takbenda, Harus Kita Lestarikan!

“Setelah tiba di Bandara Makassar akan langsung diberangkatkan ke Toraja,” tutur JRM. (*)

Penulis: Desianti
Editor: Arthur

Komentar

Berita Lainnya