oleh

Ini Daftar Atlet Asal Toraja yang Berlaga dan Menyumbang Medali di PON XX Papua

KAREBA-TORAJA.COM, PAPUA — Talenta-talenta olah raga dari Toraja ternyata luar biasa. Mereka bersinar di masing-masing daerah yang dibelanya. Mulai dari Papua, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, maupun Sulawesi Selatan. Para atlet ini bermain di cabang olah raga Sepak Takraw, Hockey Lapangan, Cricket, dan Tinju.

Informasi yang diperoleh kareba-toraja.com dari salah satu pengurus Ikatan Keluarga Toraja (IKT) Kabupaten Jayapura, Roni Bulo dan sejumlah sumber lain, setidaknya ada enam atlet asal Toraja yang berlaga di PON XX Papua.

Roni Bulo menyebut nama Adriana Asa, atlet asal Kurra, Tana Toraja yang bermain bersama Tim Hockey Provinsi Kalimantan Timur. Adriana bersama Timnya berhasil menyumbang medali emas di cabang Hockey Putri untuk Kalimantan Timur.

Baca Juga  BREAKING NEWS: Tiga Warga Meninggal Tersengat Listrik di Madandan, Tana Toraja

Atlet Hockey lainnya yang disebut Roni adalah Diana Cristy Sumule, asal Tondon, Toraja Utara, yang bermain untuk Tim Hockey Putri Provinsi Sulsel. Kemudian, Martinus Palendung, atlet Tinju yang bermain untuk kontingen Kalimantan Utara.

Atlet asal Toraja lainnya, yakni Inez, 28 tahun, yang tergabung dalam Tim Cricket Putri Sulawesi Selatan. Inez dan kawan-kawan meraih medali perunggu pada kategori Super Eight.

Dua nama lainnya, yakni Yuli Pakombong dan Rendy Pangala yang bermain di cabang Sepak Takraw untuk Tim Provinsi Papua. Yuli Pakombong menyumbang empat medali, diantaranya emas dari nomor pertandingan Hoop Putri, kemudian medali perak pada nomor double event, serta dua medali perunggu pada nomor double Tim dan Kuadran.

Baca Juga  Empat Pengrajin Kopi Asal Toraja dan Mamasa Masuk 15 Besar KKSI 2021

Sedangkan Rendy Pangala menyumbang tiga medali, diantaranya medali emas dari nomor pertandingan Hoop Putra, dan dua medali perunggu dari nomor double tim dan kuadran.

Banyaknya atlet asal Toraja yang bertanding untuk daerah lain mestinya membuka mata dan telinga pemerintah serta pihak terkait, seperti KONI Tana Toraja dan Toraja Utara agar pembinaan atlet lebih ditingkatkan lagi di masa mendatang.

Kemudian, perbanyak kompetisi untuk menjaring bibit-bibit unggul dengan bakat alam yang terpendam dari seluruh wilayah Toraja.

Berikut, pemerintah perlu memberikan perhatian lebih kepada para atlet yang mengharumkan nama daerah. Masa depan dan pekerjaan mereka mesti diperhatikan. Berkaca dari daerah lain, banyak atlet yang ditampung atau diperjuangkan menjadi ASN atau bekerja pada Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) atau Perumda. (*)

Baca Juga  Kabar Duka, Komjen Pol (Purn) Insmerda Lebang Tutup Usia

Penulis: Desianti
Editor: Arthur

Komentar

Berita Lainnya