HUT ke-15 Kabupaten Toraja Utara; Dapat Bantuan Rp 8 M, Banyak Kursi Kosong

KAREBA-TORAJA.COM, RANTEPAO — Pemerintah Kabupaten Toraja Utara merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten ke-15 di Lapangan Bakti Rantepao, Jumat, 21 Juli 2023. HUT ini sekaligus pembukaan Festival Budaya tahun 2023.

Seremonial perayaan HUT ke-15 Kabupaten Toraja Utara tersebut dihadiri Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman, mantan Caretaker Bupati Toraja Utara Tautoto Tanaranggina, mantan Penjabat Bupati Toraja Utara, Amson Padolo, Bupati dan Wakil Bupati Toraja Utara, Bupati Tana Toraja Theofilus Allorerung, serta sejumlah anggota DPRD.

Nampak pula sejumlah anggota Panitia Pemekaran Toraja Utara. Tak banyak panitia pemekaran yang hadir pada HUT ke-15 tersebut. Selain panitia pemekaran, masyarakat juga tak banyak yang hadir. Yang mendominasi tenda-tenda adalah PNS dari Kecamatan dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Tak banyak pula tamu undangan yang hadir, sehingga banyak kursi di panggung VIP tak terisi.

Baca Juga  Benidiktus Papa Resmi Mendaftar Bacalon Bupati di PSI Tana Toraja

Upacara HUT ke-15 diisi dengan parade sekolah, Kecamatan, dan OPD. Juga laporan Bupati Toraja Utara, Yohanis Bassang terkait capaian kinerja pemerintah selama beberapa tahun terakhir. Bupati Toraja Utara juga meminta perhatian lebih dari Gubernur Sulawesi Selatan terkait pembangunan infrastruktur yang dibiayai provinsi, seperti jalan penghubung kabupaten dan jembatan”kembar” Malango’.

Sementara Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman menyebut Kabupaten Toraja Utara, selama masa pemerintahannya, mendapat porsi anggaran infrastruktur terbesar kedua, dari seluruh kabupaten/kota se Sulsel. Hal ini terjadi karena banyak akses penghubung antar kabupaten maupun antar provinsi yang harus dibuka.

Banyak kursi kosong di panggung VIP. Foto diambil saat Bupati Toraja Utara berpidato. (AP/Kareba Toraja).

Gubernur Andi Sudirman Sulaiman juga menyerahkan bantuan keuangan sebesar Rp 8 miliar, serta sejumlah bantuan lainnya, diantaranya CSR dari Bank Sulselbar.

Baca Juga  Perayaan Natal Relawan Ganjar Pranowo, “Ganjarist” Toraja Utara Berlangsung Khidmat

Dalam sambutannya, Gubernur Andi Sudirman berjanji akan tetap memperhatikan dan memperjuangkan pembangunan di Toraja Utara hingga akhir masa jabatannya. “Seperti janji kami pada masa kampanye, rampokan umpemeloi Toraya,” tutur Andi Sudirman. (*)

Penulis: Desianti
Editor: Arthur

Komentar