oleh

Hadirkan Pembicara dari Universitas Texas, Inkubator Bisnis Banne UKI Toraja Gelar Seminar Wirausaha

KAREBA-TORAJA.COM, MAKALE — Lesley Robinson, M.S, Direktur Kendra Scott Women’s Leadership Institute, Universitas Texas, Austin, Amerika Serikat, hadir sebagai pembicara dalam Seminar Kewirausahaan yang digelar oleh Pengurus Inkubator Bisnis Banne UKI Toraja.

Lembaga yang terbentuk sejak dua tahun lalu ini menggagas seminar kewirausahaan guna memperluas wawasan mahasiswa terkait cara membangun sebuah usaha agar bisa menjadi wirausaha muda.

Seminar digelar di  Aula Kampus 1 UKI Toraja, Kamis 04 Agustus 2022. Seminar Kewirausahaan tersebut mengangkat tema: “Membentuk Jiwa Kewirausahaan yang Berkarakter Kompetitif dan Inovatif di Era Milenial”.

Seminar kewirausahaan ini dibuka oleh Pdt. Hans Lura, S.Th., M.Si sebagai Wakil Rektor Bidang Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat, Publikasi dan Kerjasama mewakili Rektor UKI Toraja.

Baca Juga  Polisi, TNI, dan Masyarakat Cari Mahasiswa UKI Toraja yang Diduga Tenggelam di Ulusalu

Dalam sambutannya, Pdt. Hans Lura S. Th. M. Si mengatakan Seminar ini merupakan suatu kegiatan yang edukatif untuk menambah wawasan mahasiswa berwirausaha terkait hal apa yang harus dilakukan ketika membuka usaha dan bagaimana pengembangannya agar lebih dikenal oleh masyarakat luas.

“Ini juga jargonnya Pak Jokowi supaya start up itu dibudayakan sampai ke dunia perguruan tinggi. Jadi Tridharma itu tidak hanya berbasis pada output outcome tapi sampai kepada benetif. Makanya langsung ada materi seminar kewirausahaan yang pembicaraannya dari Amerika juga dari Unhas,” kata Pdt. Hans Lura.

Hans Lura berharap, dengan adanya inkubator bisnis ini bisa menjadi pintu masuk mahasiswa untuk membudayakan berbisnis dan menumbuhkan semangat wirausaha di kalangan mahasiswa UKI Toraja.

Baca Juga  2 Mahasiswi Ini Syukuri Yudisium dengan Berbagi Makanan kepada Pasien Isoman di Tangmentoe

Selain Lesley Robinson, M.S, selaku Direktur Kendra Scott Women’s Leadership Institute, Universitas Texas, Austin, Amerika Serikat, juga hadir Narasumber lain yakni Dr. Ir. Mardiana Ethrawaty Fachri, M.Si selaku koordinator Asosiasi Inkubator Bisnis Indonesia (AIBI) Wilayah Sulawesi, Kalimantan, dan Papua.

Lesley Robinson dalam pemaparannya lebih menegaskan pentingnya mahasiswa mengembangkan diri untuk berubah dalam delapan point kritikal.

Sementara, Mardiana Ethrawaty menyebut pariwisata menjadi pintu masuk di Toraja untuk mengembangkan peluang bisnis bagi mahasiswa.

Sementara itu, Ketua Inkubator Bisnis Banne UKI Toraja, Jumiarti Andilolo, M.Si menyebut tujuan Inkubator ini untuk menginkubasi Mahasiswa terutama usahanya agar bisa dikomersialkan dan bisa terbentuk enterpreneur muda khususnya mahasiswa UKI Toraja.

Baca Juga  UKI Toraja Kelompokkan Besarnya Uang Kuliah Sesuai Kemampuan Ekonomi Mahasiswa

“Jadi nanti jika Mahasiswa sudah selesai itu akan terbuka lapangan pekerjaan yang lebih luas sehingga tidak banyak yang menganggur karena mereka sudah memiliki usaha sendiri semenjak mereka berstatus mahasiswa,” tutur Jumiarti Andilolo.

Seminar Kewirausahaan ini dihadiri sedikitnya 200 orang, terdiri dari Panitia, perwakilan Mahasiswa dari semua jurusan, dan para Dosen UKI Toraja. (*)

Penulis: Arsyad Parende
Editor: Arthur

Komentar