oleh

Bupati dan Wakil Bupati Hadiri Pelantikan Pengurus Pemuda Katolik Tana Toraja

KAREBA-TORAJA.COM, MAKALE — Bupati dan Wakil Bupati Tana Toraja, Theofilus Allorerung dan Zadrak Tombeq menghadiri pelantikan pengurus Pemuda Katolik Komisariat Cabang Tana Toraja, periode 2021-2024 di Aula Paroki Makale, Sabtu, 18 September 2021.

Pelantikan yang dilakukan dengan protokol kesehatan Covid-19 ini dilaksanakan secara sederhana dengan tidak mengumpulkan banyak orang. Pelantikan ini tertunda cukup lama akibat pandemi Covid-19. Padahal, pengurus baru periode 2021-2024 sudah terpilih sejak Muskomcab tanggal 29 Mei 2021.

Proses pelantikan ini diawali dengan misa yang dipimpin langsung oleh Pastor Moderator ORMAS Katolik, Pastor Cornel Tandiayu, Pr. Dalam pesannya, Pastor Cornel mengatakan bahwa semangat jiwa muda dengan spirit kekatolikan dan dapat disinkronkan dengan bacan Injil yand dibaca hari itu, yakni perumpamaan tentang “menabur benih”.

Baca Juga  Sambut Kedatangan Patung Bunda Maria Datu Rara’na Simbuang, Pemuda Katolik Tana Toraja Gelar Bakti Sosial

“Semoga Pemuda Katolik dapat menjadi benih yang jatuh di tanah yang subur dan dapat tumbuh mengahsilkan buah yang banyak,” harap Pastor Cornel.

Pelantikan kali ini Pemuda Katolik Cabang Tana Toraja mengangkat tema “Duc In Altum”. Ketua yang dilantik Joni Matalangi di depan Bupati dan Wakil serta seluruh undangan menjelaskan tema ini diambil dapat diimplementasikan sebagai tugas panggilan perutusan yaitu “Semakin Mengasihi, Terlibat, Semakin Menjadi Berkat”. Hal ini dimaksudkan bahwa Pemuda Katolik dituntut untuk hadir ditengah-tengah umat dan masyarakat sesuai tugas dan kapasitas baik secara personal maupun secara lembaga dimana pengurus dan anggota pada periode ini dari berbagai profesi dan aktif di brbagai bidang seperti pendidikan, kesehatan, praktisi hukum, politisi, dan profesional lainnya yang sebagaimana motto Pemuda Katolik Pro Ecclesia et Patria (Bagi Gereja dan Tana Air) dan Pro Buno Publico (Untuk kepentingan umum)

Baca Juga  Joni Matalangi Terpilih Ketua Pemuda Katolik Tana Toraja

“Tugas sebagai warga gereja juga sebagai warga negara dengan tidak bisa dipisahkan bahwa umat yang juga adalah warga negara Indonesia karea itula disebut 100 % Katolik 100 % Indonesia , maka diharapkan dapat mengambil peran baik itu dalam kehidupan ekonomi, sosial, politik, pendidikan dan budaya untuk selanjutnya melaksanakan aksi yang terarah pada keberpihakan pada rakyat miskin (Preferential Option For The Poor),” jelas Joni.

Sementara itu, Bupati Tana Toraja, Theofilus Allorerung menyampaikan bahwa tema yang diangkat Pemuda Katolik ini sangat menarik dan memiliki makna yang dalam. Untuk itu diharapkan perlunya kerjasama antara OKP.

Acara pelantikan ini dihadiri sejumlah OKP, diantaranya GMKI Cabang Toraja, PMKRI Cabang Toraja, GMNI Cabang Toraja, GAMKI Cabang Toraja, SAPMA Pemuda Pancasila Tana Toraja, BEM STIKES Tana Toraja, IPSIM Toraja dan kelompok kategorial yakni OMK dari beberapa Paroki di Tana Toraja.

Baca Juga  Joni Matalangi Terpilih Ketua Pemuda Katolik Tana Toraja

Rangkaian kegiatan pelantikan ditandai dengan penandatanganan berita acara oleh masing masing pihak yakni Ketua terpilih, Pengurus Komisaris Daerah Sulawesi Selatan, dan saksi yakni Pastor Cornel Tandiayau selaku pihak Pastor Moderator dan Wakil Bupati Tana Toraja, Zadrak Tombeq. (*)

Penulis: Desianti/Rls
Editor: Arthur

Komentar

Berita Lainnya