Buka Event Toraja Highland International Choir Festival, Ketua DPRD Tana Toraja Puji JRM

KAREBA-TORAJA.COM, MAKALE — Event Toraja Highland Internasional Choir Festival (THICF) 2023 resmi dibuka, Selasa, 5 September 2023 di Gedung Tammuan Mali’ Makale, Tana Toraja.

Event yang dijadwalkan berlangsung hingga Kamis, 7 September 2023 itu dibuka oleh Ketua DPRD Tana Toraja, Welem Sambolangi.

Kurang lebih 800 peserta datang dari 7 Provinsi akan berkompetisi dalam event ini, yakni berasal dari Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, Sulawesi Utara, Maluku, Papua Pegunungan, dan Papua.

Dalam sambutannya saat membuka kegiatan, Welem Sambolangi mengapresiasi penyelenggaraan event sebagai salah satu bagian dari promosi dan meningkatkan kunjungan wisata ke Toraja.

“Kegiatan ini patut kita apresiasi karena sesungguhnya inilah yang dibutuhkan Toraja. Kalau perlu setiap hari ada event promosi untuk mendatangkan wisatawan,” kata Welem Sambolangi.

Baca Juga  Ini Penyebab Kelangkaan Solar di Toraja

Welem bahkan memberikan pujian khusus kepada anggota DPRD Provinsi Sulsel, John Rende Mangontan yang merupakan sponsor utama pelaksanaan THICF ini.

Welem memuji JRM yang tak henti-hentinya mengadakan event promosi Wisata Toraja.

Sementara itu, Presiden THICF, Aris Michael dalam sambutannya mengatakan, THICF tahun 2023 ini adalah yang kedua kalinya, dimana THICF pertama pernah dilaksanakan pada tahun 2019 lalu.

“Tujuan utama dari THICF ini adalah untuk mendatangkan wisatawan ke Toraja, banyak orang ingin ke Toraja tapi tidak tahu dengan cara apa dan bagaimana, sehingga kita berharap dengan paduan suara mereka bisa datang ke sini,” kata Aris Michael.

Pembukaan THICF ke-2 dihadiri oleh Anggota DPRD Provinsi Sulawesi Selatan John Rende Mangontan bersama istri Apt. Tikurara Bumbungan, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kabupaten Tana Toraja Erick Crystal Ranteallo, Mantan Ketua Badan Pekerja Sinode (BPS) Gereja Toraja Pdt. Musa Salusu, Kepala Penghubung Kodim 1414 Tana Toraja, Kapolsek Makale,  dan sejumlah tamu undangan lainnya.

Baca Juga  Mumpung Lagi Diskon PKB dan Bebas BBNKB II, Buruan ke Samsat Tana Toraja

Pada Event Toraja Highland International Choir Festival ini, juri yang akan memberikan penilaian berjumlah lima orang yang  berasal dari dalam dan luar negeri dan  punya pengalaman dan kompetensi di bidangnya, yakni Ken Steven (Indonesia), Budi Susanto Yohanes (Indonesia), Sonia Nadya Simanjuntak (Indonesia), Ivan Johan (Belgia) dan Prof. Dr. Masashi Kishimoto dari Jepang. (*)

Penulis: Arsyad Parende
Editor: Arthur

Komentar