oleh

Bertahun-tahun Rusak, Warga Kelurahan Bokin dan Buangin Perbaiki Jalan Secara Swadaya

KAREBA-TORAJA.COM, RANTEBUA — Warga Kelurahan Bokin dan Buangin di Kecamatan Rantebua, Toraja Utara, melaksanakan rabat beton sepanjang 75 meter dengan lebar 3 meter pada jalan poros Bokin-Buangin, tepatnya di Dusun Turunan, Kelurahan Bokin.

Dana pekerjaan rabat beton ini berasal dari sumbangan warga setempat, juga dari natura atau lelang pada saat kegiatan pernikahan maupun acara adat kematian (Rambu Solo’) yang dilaksakan di lingkungan sekitar.

Dari swadaya tersebut antusias warga sekitar secara spontanitas mengumpulkan dana pribadi yang berkisar antara Rp 50 ribu hingga Rp 100 ribu per warga.

Menurut salah satu warga Kelurahan Bokin yang berperan aktif melakukan penggalangan dana, Anto’ Rantetandung, pekerjaan rabat beton secara swadaya ini berawal dari keprihatinan melihat kondisi jalan yang sudah rusak parah dan sulit dilalui kendaraan.

Baca Juga  61,2 Persen Warga Sudah Divaksin, Menparekraf Apresiasi Pemkab Toraja Utara

“Saya dan beberapa tokoh masyarakat baik dari Bokin maupun dari Buangin mengambil langkah-langkah perbaikan jalan tersebut karena sudah rusak parah. Selain berlumpur, juga berlubang sehingga menyulitkan kendaraan baik roda dua maupun roda empat untuk melintas,” ujar Anto’, Rabu, 17 November 2021.

Lebih lanjut Anto’ menjelaskan, untuk proses penggalangan dana, warga di dua kelurahan, baik Kelurahan Bokin maupun dari Kelurahan Buangin sepekat untuk berbagi tugas dalam penyedian bahan rabat beton.

“Kami sudah sepakat, untuk warga Kelurahan Bokin menyiapkan semen sedangkan untuk warga dari kelurahan Buangin menyiapkan pasir dan cipping. Proses pengerjaan rabat beton ini sudah rampung, namun dana belum terlunasi semua, khususnya dana pembelian semen dan kami penggas pengerjaan jalan ini masih berutang dan sementara terus berupayah menggalang dana dari para dermawan yang peduli perbaikan jalan ini,” harap Anto’.

Baca Juga  Sholat Idul Adha Berjamaah Ditiadakan, Polisi Antar Daging Kurban ke Rumah

Diketahui, jalan ini merupakan jalan poros penghubung Kelurahan Buangin-Bokin, juga salah satu akses utama menuju kantor Camat Rantebua. Selain itu, jalan poros ini juga merupakan akses utama warga Bokin khusunya warga di Dusun Turunan menuju Pasar Saruran.

Warga setempat juga berharap ke Pemerintah Daerah Toraja Utara untuk melakukan pembenahan atau perbaikan jalan tersebut, mengingat kedua Kelurahan yang menggunakan jalan poros ini memiliki dana pembangunan yang terbatas tidak seperti pemerintahan Lembang yang setiap tahunnya menerima gelontoran Anggaran Dana Lembang (ADL) hingga milliaran rupiah. (*)

Penulis: Desianti
Editor: Arthur

Komentar

Berita Lainnya