oleh

Bergabung di Tim Cricket, Putri Toraja Ini Raih Perunggu di PON XX Papua

KAREBA-TORAJA.COM, JAYAPURA — Inez, 28tahun, satu-satunya atlet asal Tana Toraja yang berhasil masuk dalam Kontingen Provinsi Sulawesi Selatan yang ikut dalam perhelatan Pekan Olahraga Nasional (PON) Ke-20 yang digelar di Provinsi Papua.

Inez adalah atlet cabang olahraga Cricket, yaitu cabang olahraga yang permainannya menggunakan pemukul/bat dan bola dan merupakan olahraga tim yang dimainkan antara dua kelompok yang masing-masing terdiri dari sebelas orang.

Inez berangkat ke Papua pada tanggal 22 September dan memulai perjuangan mengharumkan nama Sulsel di cabang Cricket pada tanggal 25 September sampai 4 Oktober 2021. Langkah Inez dan tim Cricket Sulsel harus terhenti di babak semifinal karena kalah menghadapi Tim Kriket Provinsi Bali sehingga harus puas dengan membawa pulang Medali Perunggu Kategori Super Eight.

Baca Juga  Mengenal Mantan Atlet Sea Games Asal Toraja yang Kini Jadi Wasit Sepak Takraw PON XX Papua

Kepada jurnalis kareba-toraja.com, Inez menceritakan perjuangannya untuk bisa sampai di PON XX Papua. Inez mengaku awalnya dirinya adalah seorang atlet Hockey, tapi pada pertengahan 2019 dirinya diajak pelatih Cricket Sulsel untuk ikut seleksi Tim PON. Dari situ awal mengenal olahraga Cricket dan terus ditekuninya hingga sekarang.

Motivasi Inez untuk tergabung menjadi atlet Cricket karena olahraga ini masih belum dikenal banyak orang terutama di Sulsel. “Jadi ada tantangan tersendiri untuk mencoba dan terus berlatih,” katanya.

Inez mengaku bisa masuk Tim PON Cricket dikarenakan saat itu kebetulan ada pencoretan atlet di Tim Pra PON Kriket dan pelatih saat itu mencari atlet pengganti sehingga Inez langsung termotivasi untuk mengikuti serangkaian tes fisik dan skill dan berhasil lolos masuk di Tim PON mewakili Sulsel.

Baca Juga  Ini Daftar Atlet Asal Toraja yang Berlaga dan Menyumbang Medali di PON XX Papua

Inez lahir di Makale 30 Juli 1993. Atlet yang besar di Mamullu Kelurahan Tondon Mamullu, Makale ini adalah alumni SDN 103 Makale 6, SMP Kristen Makale, SMA 1 MAKALE 2008 lalu melanjutkan pendidikan ke Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanuddin pada tahun 2011.

Inez adalah putri dari pasangan ayah bernama Noldus dan Ibu bernama Theresia Dasi. Inez berharap semoga dengan adanya berita tentang prestasi putri Toraja di PON XX Papua ini Pemda Toraja, khususnya dinas terkait dan KONI Toraja bisa melihat dan lebih memperhatikan lagi atlet dari Toraja ke depan. (*)

Penulis: Arsyad Parende
Editor: Arthur

Komentar

Berita Lainnya