Benidiktus Papa Resmi Mendaftar Bacalon Bupati Tana Toraja di Perindo dan Partai Gelora

KAREBA-TORAJA.COM, MAKALE — Salah satu bakal calon Bupati Tana Toraja, Benidiktus Papa memperlihatkan keseriusannya maju dalam kontestasi Pemilihan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah (Pilkada) Tana Toraja 2024.

Setelah sebelumnya mendaftar di partainya sendiri, Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Senin, 10 Juni 2024, bakal calon yang mengusung tagline “Energi Muda Tana Toraja” ini juga mendaftar ke Partai Perindo dan Partai Gelora.

Untuk diketahui, Perindo dan Partai Gelora masing-masing mendapat satu kursi di DPRD Tana Toraja pada Pemilu Legislatif tahun 2024.

Benidiktus Papa melalui Relawan BP Community diterima Ketua Partai Perindo, Hansten Allorerung dan Ketua Tim Desk Pilkada, Markus Toban, serta Sekretaris DPD Partai Perindo, Yesaya Famay.

HKetua DPD Partai Perindo Tana Toraja, Hansten Allorerung mengatakan DPD Partai Perindo menyambut dengan tangan terbuka pendaftaran secara resmi Bendiktus Papa.

“Untuk selanjutnya berproses sesuai aturan dan mekanisme partai,” kata Hansten Allorerung.

Menurut Hansten, munculnya figur muda seperti Benidiktus Papa dalam perhelatan Pilkada Tana Toraja adalah hal yang sangat positif untuk perkembangan politik, khususnya bagi generasi muda Tana Toraja.

Baca Juga  Pembuatan SIM Kini Bisa Dilakukan di Polres Toraja Utara

“Ya tentu ini adalah fenomena baru. Ada anak Muda yang berani tampil dalam perhelatan politik sekelas Pilkada, yang selama ini sangat didominasi figur-figur lama dan berusia tua. Apalagi dengan Tagline Energi Muda, itu hal yang sangat baik,” kata Hansten.

“Tidak hanya itu, figur Muda seperti Benidiktus saya kira punya kapasitas untuk maju  Pilkada. Selain memiliki background aktivis Cipayung dimana beliau pernah menduduki posisi puncak sebagai Ketum PMKRI, Beni juga memiliki jaringan yang kuat pada level nasional. Di sisi lain, saya kira Beni punya basis geopolitik dari  Barat Tana Toraja  dan basis  Komunitas yang bisa dikapitalisasi menjadi dukungan nyata,” ujar Hansten lebih lanjut.

Menurut Hansten, semua partai politik masih bersifat dinamis hingga ketukan palu terakhir di DPP masing-masing. Dan biasanya itu terjadi pada last minute jelang pendaftaran ke KPU.

“Jadi semua kandidat saya kira masih terbuka peluang, tergantung usaha dan strategi masing-masing kandidat meyakinkan DPP,” katanya.

Baca Juga  Dua Hari Menghilang, Warga Bonggakaradeng Ditemukan Dalam Kondisi Meninggal Dunia

Setelah proses pendaftaran di Partai Perindo, Relawan BP Community yang dipimpin Yulius, mengunjungi Sekretariat DPD Partai Gelora Tana Toraja untuk mendaftarkan Benidiktus Papa sebagai bakal calon Bupati Tana Toraja.

Relawan BP Community diterima oleh Ketua DPD Partai Gelora Tana Toraja, Alfil Rohahim bersama jajaran pengurusnya.

Ketua DPD Partai Gelora Tana Toraja, Alfil Rohaim mengatakan DPD partai Gelora mengapresiasi langkah Benidiktus Papa maju dalam pilkada Tana Toraja.

“Benidiktus Papa tentu memiliki semangat muda yang bergelora untuk membuat perubahan yang nyata di daerahnya sendiri. Ini sangat sesuai dengan semangat Partai Gelora dimana jajaran pengurus partai ini lebih didominasi anak-anak muda yang bergelora,” kata Alfil Rohaim.

Menurut Alfil Rohaim, yang juga berlatar belakang aktifis pergerakan itu, munculnya figur muda Benidiktus Papa yang berlatarbelakang aktivis Cipayung dalam perhelatan politik Pilkada Tana Toraja diacungi jempol.

“Saya kira Benidiktus dengan dengan latar belakang aktivis serta jaringan yang kuat secara nasional layak diperhitungkan dalam Pilkada yang akan datang,” ujar Alfil.

Baca Juga  Buka Musda XIII, Theofilus Sebut Kiprah Muhammadiyah Tidak Diragukan Lagi

Apalagi, Benidiktus punya modal pengalaman bertanding dalam Pileg DPR RI Dapil Sulsel I dengan jumlah suara 36.000 lebih. Itu modal pengalaman yang sangat baik yang akan membuat Beni tampil percaya diri dalam pilkada Tana Toraja.

“Partai Gelora yang bersifat hirarkis dari daerah hingga pusat tentu akan memproses pendaftaran ini sesuai mekanisme partai,” katanya.

Koordinator Relawan BP Community, Yulius mengatakan bahwa langkah pendaftaran hari ini pada dua partai Politik sekaligus adalah bagian dari proses politik yang serius dan penting ditempuh Benidiktus Papa merespon perintah Ketua Umum PSI, Kaesang Pangareb untuk segera melakukan langkah-langkah strategis membangun komunikasi dan kerjasama politik lintas partai politik.

“Langkah politik ini akan terus dilakukan hingga jajaran elit DPP setiap partai politik dengan harapan tercipta kesepahaman dan kerjasama mengusung Benidiktus Papa dalam perhelatan Pilkada Tana Toraja tahun ini,” tutur Yulius. (*)

Penulis: Desianti
Editor: Arthur

Komentar