oleh

Begini Situasi Kolam Makale Jelang Pergantian Tahun 2020 ke 2021

KAREBA-TORAJA,COM, MAKALE — Sepi dan tak ada orang yang berkumpul atau berkerumun, apalagi berpesta kembang api. Itulah situasi terkini area sekitar Kolam Makale, yang terpantau pada pukul 20.00 Wita, Kamis, 31 Desember 2020.

Selain sepi, di setiap sudut area Kolam Makale juga dijaga aparat kepolisian.

Situasi ini tidak seperti tahun-tahun sebelumnya. Pada malam pergatian tahun sebelumnya, mulai pukul 19.00 Wita warga sudah berdatangan ke area kolam untuk merayakan atau menikmati malam bersama kawan atau keluarga. Pesta kembang api juga biasanya mewarnai malam pergatian tahun di area Kolam Makale.

Sepinya situasi Kolam Makale ini kelihatan merupakan hasil dari warning yang disampaikan oleh Kapolres Tana Toraja, AKBP Sarly Sollu sehari sebelumnya. Pada konferensi pers akhir tahun yang digelar di Mapolres Tana Toraja, Rabu, 30 Desember 2020, Kapolres menegaskan Polres Tana Toraja menutup area Plaza Taman Rakyat Kolam Makale dari keramaian pada malam pergantian tahun 2020 ke 2021, Kamis, 31 Desember 2020.

Baca Juga  700-an Pelayan Publik Disuntik Vaksin Covid-19 di Tana Toraja

Kapolres Tana Toraja, AKBP Sarly Sollu menghimbau masyarakat untuk menunda niatnya merayakan pergantian tahun di Kolam Makale dan menggantinya dengan berdoa di rumah masing-masing.

“Jika ada yang datang di Kolam Makale untuk berkumpul pada malam pergantian tahun, kami akan suruh pulang,” tegas Sarly.

Area Kolam Makale, Tana Toraja yang terlihat sepi pengunjung.

AKBP Sarly Sollu mengatakan demi mencegah gelombang masyarakat yang datang dari luar Toraja, seperti Palopo dan Enrekang yang hendak merayakan momen pergantian tahun di Kolam Makale, maka di Pos perbatasan Rantelemo dan Salubarani akan dilakukan pemeriksaan.

“Jika ada yang akan masuk Tana Toraja tanpa tujuan yang jelas pada malam pergantian tahun akan kami suruh putar balik,” tandas Sarly Sollu.

Baca Juga  Menhub Puji Kebijakan Subsidi Sehingga Frekuensi Penerbangan Makassar - Toraja Bisa Setiap Hari

Penutupan Kolam Makale untuk perayaan pergantian tahun ini dilakukan demi mencegah penyebaran Covid-19 dalam wilayah Kabupaten Tana Toraja. (*)

Penulis: Arsyad Parende
Editor: Arthur

Komentar

Berita Lainnya