oleh

Anugerah Desa Wisata 2021: Kole Sawangan Juara 5 Kategori Souvenir, Nonongan Juara 3 Kategori Konten Kreatif

KAREBA-TORAJA.COM, TORAJA — Dua Desa (Lembang) di Toraja yakni Lembang Kole Sawangan Kecamatan Malimbong Balepe Kabupaten Tana Toraja dan Desa Nonongan Kecamatan Sopai Kabupaten Toraja Utara berhasil meraih juara pada Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021.

Malam Puncak Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021 digelar Selasa malam 07 Desember 2021 di Ciputra Artpreneur Theater Kuningan, Jakarta.

Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021 memilih Juara sebagai Desa Terfavorit dari 50 Desa yang masuk Nominasi Desa Wisata Indonesia.

Diketahui, sebanyak 1.831 peserta desa wisataterakurasi menjadi 300 besar, 100 besar, dan 50 besar oleh tim kurator dan dewan juri ADWI 2021 dengan mengangkat tujuh ketegori penilaian antara lain penerapan CHSE (Cleanliness, Health, Safety, and Environmental Sustainability), desa digital, souvenir (kuliner, fesyen, kriya), daya tarik wisata (alam, budaya, buatan), konten kreatif, homestay dan toilet.

Baca Juga  Kole Sawangan dan Lembang Nonongan Masuk Daftar 50 Desa Wisata Terbaik ADWI 2021

Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif mengumumkan Desa Wisata Cikolelet Kabupaten Serang Provinsi Banten sebagai desa terfavorit 2021. Cikolelet mengalahkan 50 nominasi desa lainnya.

Sementara itu, dua Desa di Toraja yaknj Desa (Lembang) Kole Sawangan Tana Toraja berhasil meraih juara 5 pada kategori Souvenir (kuliner, fesyen, kriya) dan Desa (Nonongan) berhasil meraih juara 3 kategori konten kreatif.

Trofi Untuk Kole Sawangan sebagai juara 5 Kategori Souvenir diterima langsung oleh Bupati Tana Toraja, Dinas Pariwisata Tana Toraja dan Pengelola Desa Wisata Kole Sawangan. Sementara untuk Lembang Nonongan sebagai juara 3 kategori konten kreatif diterima Bupati Toraja Utara bersama pengelola Desa Wisata Nonongan.

Para pemenang membawa pulang trofi dan hadiah uang Rp30 juta untuk juara 1 di setiap kategori, Rp25 juta untuk juara kedua, Rp20 juta untuk juara ketiga, Rp15 juta untuk juara keempat dan Rp10 juta untuk juara kelima.

Baca Juga  Tiba di Bandara Toraja, Sandiaga Uno Disambut Bupati Tana Toraja dan Wabup Toraja Utara

Penulis: Arsyad Parende
Editor: Arthur

Komentar

Berita Lainnya