oleh

18 September, World Cleanup Day Akan Digelar di Tana Toraja, Ikutan Yuk!

KAREBA-TORAJA.COM, MAKALE — World Cleanup Day merupakan aksi membersihkan sedunia yang diadakan serentak setiap tahun dan telah dilaksanakan di 166 negara, termasuk Indonesia, melibatkan lebih dari 200 kabupaten di 34 Provinsi sejak tahun 2018.

Aksi berskala global yang melibatkan masyarakat umum dari segala pihak ini tentunya merupakan aksi yang besar dan sekiranya dapat membawa perubahan bagi bumi.

Kabupaten Tana Toraja telah mengikuti gerakan World Cleanup Day sejak tahun 2019 dengan titik pusat di Plaza Kolam Makale. Lalu pada tahun 2020 yang meskipun tidak dapat dilaksanakan secara massive akibat pamdemi, tetapi tetap mengadakan aksi Membersihkan sampah yang menyasar wilayah-wilayah pariwisata di Tana Toraja.

Baca Juga  Paguyuban Agen BRILink “Toraja Sikamali’” Bantu Korban Kebakaran di Gandangbatu Sillanan

Pada tahun 2021, Tana Toraja kembali ikut berpartisipasi dalam aksi World Cleanup Day, mengusung tema “Bersatu Untuk Indonesia Bersih” dengan mengadakan kegiatan pilah sampah dari rumah.

“Tahun ini kita akan lebih fokus ke edukasi tentang jenis-jenis sampah dan bahayanya untuk bumi, juga tentang pilah sampah dari rumah agar lingkungan kita juga lebih nyaman dan bersih,” terang Febe Tolan, Leader WCD Tana Toraja 2021 kepada kareba-toraja.com, Sabtu, 11 September 2021.

Febe mengatakan puncak kegiatan WCD di Tana Toraja akan dilaksanakan secara serentak pada tanggal 18 September 2021 nanti.

“Ada pra kegiatannya dari tanggal 13-17, lalu puncaknya tanggal 18 September nanti. Karena kita masih terbatas untuk mengadakan kegiatan dan tidak boleh berkumpul-kumpul banyak orang, tanggal 18 nanti kita akan sebar relawan di beberapa titik,” terang Michellin Sallata, divisi Volunteer WCD Tana Toraja.

Baca Juga  Truk Terjun ke Jurang Sedalam 50 Meter di Bittuang, 1 Orang Meninggal Dunia

WCD Tana Toraja membuka kesempatan bagi masyarakat yang ingin menjadi relawan pilah sampah untuk mendaftar di link yang telah dibuat. Caranya dapat dilihat di profil Instagram kami @wcdid_sulsel_tanatoraja atau halaman Facebook “World Cleanup Day Tana Toraja. “Di sana kami akan bagikan semua informasi mengenai sampah dan kegiatan WCD ini,” ujar Michellin lebih lanjut.

Untuk informasi lebih lengkap, bisa menghubungi tim World Cleanup Day Tana Toraja di akun Instagram @wcdid_sulsel_tanatoraja atau laman Facebook World Cleanup Day Tana Toraja, atau juga bisa menghubungi nomor Chelin (085248980801), Febe (088706076221). (*)

Penulis: Arsyad Parende
Editor: Arthur

Komentar

Berita Lainnya