Upacara Peringatan Hardiknas, Guru dan Siswa di Toraja Utara Kenakan Pakaian Adat

KAREBA-TORAJA.COM, RANTEPAO — Pemerintah Kabupaten Toraja Utara menggelar upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) tahun 2024 di Lapangan Bakti Rantepao, Kamis, 2 Mei 2024.

Upacara yang dipimpin Wakil Bupati Toraja Utara, Frederik Victor Palimbong ini mengambil tema “Bergerak Bersama, Lanjutkan Merdeka Belajar”.

Yang unik dari upacara Hardiknas tahun 2024 ini adalah hampir semua peserta upacara mengenakan pakaian adat Toraja. Namun ada beberapa siswa yang mengenakan pakaian sekolah.

Upacara diawali dengan defile guru/pegawai dari sekolah se-Kabupaten Toraja Utara yang mengenakan pakaian berbahan tenun khas Toraja diiringi antraksi drumband dari beberapa sekolah.

Wakil Bupati Toraja Utara, Frederik Victor Palimbong, yang bertindak sebagai Pembina Upacara membacakan beberapa point penting sehubungan dengan sambutan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia, Nadiem Anwar Makarim.

Baca Juga  Polisi, TNI, Warga Gotong-royong Evakuasi Pohon Tumbang yang Menimpa Rumah di Nanggala

“Dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional perlu kita ketahui bahwa ada beberapa hutang yang tak akan pernah kita dapat membalasnya sampai kapapun yaitu berutang kepada Tuhan, berutang kepada orang tua dan berutang kepada pendidik. Seiring perkembangan zaman menjadi pemimpin yang menerapkan sistem merdeka belajar menjadi tantangan dalam tranformasi pendidikan di Indonesia,” ujar Frederik.

Devile guru dan siswa di Toraja Utara dalam memperingati Hari Pendidikan Nasional tahun 2024. (Foto: dok. istimewah).

Lebih lanjut dikatakan, tantangan yang tak pernah terbayangkan yaitu secara global akibat Pandemi merubah seluruh tatanan yang ada bahkan mengubah cara hidup kita secara drastis namun disyukuri juga karena semangat gotong royong kita dapat melewati wabah ini seiring berjalannya waktu meskipun hal itu merubah cara hidup kita.

Baca Juga  Dua Rumah di Sesean Suloara', Toraja Utara, Ludes Dilalap Api

“Dalam mengembangkan sistem Merdeka Belajar, seluruh elemen, baik itu seniman dan pelaku budaya mendukung kegiatan ini melalui berekspresi,” kata Wabup.

Usai upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional dilanjutkan penyerahan hadiah Lomba Cerdas Cermat tingkat SD & SMP dan juga hadiah lomba Festival & Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) jenjang SMP.

Penyerahan hadiah Lomba Cerdas Cermat tingkat SD & SMP dan juga hadiah lomba Festival & Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) jenjang SMP

Terlihat hadir Sekretaris Daerah Toraja Utara, Salvius Pasang, para Asisten, para Staf Ahli Bupati, Para Kepala OPD Sekab Toraja Utara, serta stakeholder lainnya. (*)

Penulis: Desianti/Rls
Editor: Arthur

Komentar