oleh

Truk Terseret ke Jurang dan Tertimbun Longsor di Lempo Poton, Toraja Utara

KAREBA-TORAJA.COM, RINDINGALLO — Sebuah mobil jenis truk enam roda terseret dan tertimbun longsor di jalan poros Lembang Lempo Poton, Kecamatan Rindingallo dengan Lembang Landorundun, Kecamatan Sesean Suloara, Toraja Utara, Senin, 8 Maret 2021.

Sopir dan kendektur truk tersebut dilaporkan selamat dan tidak mengalami luka serius. Namun, hingga Selasa, 9 Maret 2021, truk tersebut belum dievakuasi.

Tokoh masyarakat Lembang Lempo Poton, Ne’ Maraa, yang dikonfirmasi melalui sambungan telepon, Selasa, 9 Maret 2021, menjelaskan peristiwa itu terjadi sekitar pukul 17.00 Wita.

Saat itu, di jalan poros Lembang Lempo Poton dan Lembang Landorundun ada longsor yang menyebabkan pohon besar ikut tumbang. Pohon besar itu melintas di badan jalan dan menghalangi lalu lintas kendaraan. Kemudian, sebuh truk dari Makassar, yang pulang mengantar material ke proyek Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH) di Lembang Pengkaroan Manuk, Kecamatan Buntu Pepasan, hendak melintas di lokasi.

Baca Juga  Satu Lagi Warga Toraja Utara Meninggal Dunia karena Covid-19, Total Jadi 7 Orang

“Karena badan jalan dihalangi kayu, maka sopir mengambil jalur di sisi jalan. Tapi mobilnya kandas dan tertanam. Sopir dan kernetnya turun untuk mengganjal mobil, tapi pada saat yang bersamaan terjadi longsor sehingga truk itu terseret ke jurang sedalam kurang lebih 100 meter,” terang Ne’ Maraa.

Akibat longsor tersebut, jalan poros penghubung dua lembang tersebut, termasuk dari Lempo Poton menuju Lembang Pengkaroan Manuk, lumpuh. Kendaraan tidak bisa melintas di lokasi kejadian.

Longsor yang menyeret dan menimbun truk tersebut terjadi di Dusun Sulu’, Lembang Lempo Poton, Kecamatan Rindingallo, Senin, 8 Maret 2021, sekitar pukul 17.00 Wita.

Informasi yang diperoleh kareba-toraja.com, truk warna kuning hijau dan belum diketahui nomor polisinya itu, membawa material pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH) di Lembang Pengkaroan Manuk, Kecamatan Buntu Pepasan. Namun informasi ini belum bisa dicroscek kebenarannya kepada pihak perusahaan.

Baca Juga  TERKINI: Dua Lagi Warga Toraja Meninggal karena Covid-19

Camat Rindingallo, Andarias Taruklinggi yang dikonfirmasi kareba-toraja.com, Selasa, 9 Maret 2021 pagi, membenarkan kejadian itu. Kejadiannya kemarin sore. Mobil jenis truk yang terseret dan tertimbun longsor tersebut,” ungkap Andarias.

Dia menyebut, saat ini pihaknya masih memfokuskan upaya evakuasi material longsor yang menutup badan jalan poros Rantepao-Pangala’, yang terjadi di Dusun Lempo, Lembang Lempo Poton, pada Minggu, 7 Maret 2021.

“Tadi saya sudah koordinasi dengan UPT Bina Marga Wilayah II, Pak Christian. Beliau bilang, alat berat sudah menuju ke lokasi,” terang Andarias. (*)

Penulis: Desianti
Editor: Arthur

Komentar

Berita Lainnya