oleh

Toraja Highland Festival II Resmi Dibuka di Ke’te Kesu’

KAREBA-TORAJA.COM, KESU’ — Event promosi wisata, Toraja Highland Festival (THF) II resmi dibuka, Kamis, 11 Agustus 2022. Event gelaran kedua yang akan berlangsung hingga tanggal 13 Agustus 2022 itu, dipusatkan di objek wisata Ke’te Kesu’.

Mengangkat tema “Taste Of Toraja”, THF II ini akan diisi dengan berbagai kegiatan, diantaranya Pameran UMKM, Pasar Kopi, Pertunjukan Seni Musik dan Tari, Lomba Mural, Fun Cycling “Jelajah Desa Wisata Toraja”akan melintasi Lolai – Kepe – Batutumonga – Buntu Lobo – Tikala – Rantepao; dan Lomba lari “Toraja Run Above The Cloud 10K” akan dilaksanakan di Lolai.

Ketua Event Coordinator THF 2022, Ari Pailan menyampaikan mengatakan kegiatan ini berkolaborasi dengan komunitas-komunitas di Toraja, baik dari komunitas olahraga, komunitas seni, dan beberapa komunitas lainnya.

Baca Juga  Hendak Direlokasi untuk Bangun Alun-alun, Pedagang Pasar Sore Rantepao Gelar Aksi Unjuk Rasa

“Tujuan dari event ini adalah bagaimana membangkitkan dan mempromosikan pariwisata di Toraja Utara. Tak hanya fokus ke budaya Toraja tetapi juga akan mengeksplorer wisata alam seperti menjelajahi hutan dan Kopi.

“Event diharapkan dapat meningkatkan kunjungan wisata dan membantu para petani kopi di Toraja,” terang Ari Pailan.

Ketua Masyarakat Sadar Wisata (MASATA) Toraja Utara, Damayanti Batti dalam sambutannya mengatakan penilaian kopi sudah dilakukan oleh panitia bekerjasama dengan Indonesia Coffee Academy (ICA) untuk kopi terbaik di 13 kecamatan dan yang mendapatkan nilai tertinggi dari Kecamatan Baruppu dan nilai terendah dari Kecamatan Awan Rantekarua.

“Penilaian ini bertujuan untuk menginformasikan kepada para petani agar dapat mengetahui dan membandingkan kualitas kopinya dengan tujuan agar petani dapat meningkatkan mutu dan produksi kopinya karena ditemui berdasarkan data terjadi permintaan konsumen meningkat tetapi produksi kopi kurang. Hal ini tentu menjadi perhatian bersama agar kopi Toraja tidak tinggal nama,” tegas Damayanti Batti.

Baca Juga  Jadi Salah Satu Fokus Kantor Bupati Mobile, Bisakah Data PKH dan Bansos Lainnya Berubah?

Event menarik lainnya dalam THF ialah Lomba Mural berdasarkan informasi bahwa kegiatan ini perdana dilaksanakan di Toraja tentu ini menjadi awal mula membangkitkan seni di Toraja terutama untuk seni rupa, seni musik, seni tari dan seni lainnya karena pariwisata dan seni harus berjalan bersama.

“Event yang hadir juga dalam THF 2022 ialah Lomba lari sepanjang 10 KM hadir juga dalam event ini, start dari Objek Wisata Lempe dan Finish di OW Lempe, Fun bike sepanjang 31 KM start dari Dipomelo Pindan dan finish di OW Ke’te Kesu’,” terang Damayanti.

Mewakili Pemerintah Kabupaten Toraja Utara, Asisten Administrasi Umum Pemkab Toraja Utara, Semuel Sampe Rompon, mengatakan dua tahun berturut-turut MASATA berkontribusi untuk mempromosikan pariwisata di Toraja Utara. Berbagai program yang telah dilaksanakan tentu memberi efek bagi pariwisata di Toraja.

Baca Juga  BREAKING NEWS: Siswa STM Meninggal Laka Lantas di Alang-Alang

“Untuk membangun industri pariwisata tentu membutuhkan promosi dan eksistensi. Pemerintah daerah sangat berterima kasih bila seluruh komponen yang ingin membantu dan membangun pariwisata di Toraja Utara,” ungkap Semuel. (*)

Penulis: Arsyad Parende
Editor: Arthur

Komentar