Tinjau Lokasi Longsor di Tana Toraja, Menko PMK Serahkan Dana Siap Pakai dan Anggaran Relokasi

KAREBA-TORAJA, MAKALE — Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Muhadjir Effendy mengunjungi keluarga korban tanah longsor di Palangka, Kecamatan Makale, Kabupaten Tana Toraja, Jumat, 19 April 2024.

Muhadjir Effendy meninjau langsung lokasi tanah longsor yang menelan korban jiwa sebanyak 16 orang pada Sabtu, 13 April 2024 didampingi Sekretaris Utama Badan Nasional Penanggulangan Bencan (BNPB), Dr. Rustian.

Muhadjir Effendy mendatangi lokasi longsor dibonceng sepeda motor.

Selain meninjau langsung lokasi longsor dan memberikan penguatan kepada para kerabat korban longsor, Muhadjir Effendy juga menyerahkan dana siap pakai dari BNPB sebesar Rp 250 juta kepada Bupati Tana Toraja, Theofilus Allorerung.

Selain itu, BNPB juga mendukung Pemda Tana Toraja dalam penanganan pasca bencana dengan memberikan tenda pengungsi, tenda keluarga, sembako, makanan siap saji, hygine kit, selimut, matras, Kasur lipat, velbed, light tower, genset, pompa alkon, penjernih air, chain saw, dan senter.

Baca Juga  Pemkab Toraja Utara Akan Sanksi Pedagang yang Jual Produk Makanan dan Minuman Kedaluwarsa

Muhadjir Effendi mengatakan, kedatangannya berdasarkan arahan langsung dari Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) untuk meninjau lokasi bencana longsor di Tana Toraja sekaligus menyampaikan dukacita yang mendalam kepada keluarga korban.

 

Setelah meninjau lokasi longsor, Menko PMK juga mengunjungi rumah duka tempat disemayamkannya 10 jenazah korban longsor Palangka.

Menurut Muhadjir, lokasi tempat terjadinya bencana longsor Palangka memang tidak layak untuk dijadikan tempat bermukim. Hal ini disampaikannya langsung di Rumah duka setelah meninjau lokasi longsor.

Muhadjir juga mengatakan akan membantu relokasi rumah-rumah warga yang terdampak maupun yang terancam tanah longsor di Palangka.

“Saya tadi sudah bicara dengan Bupati dan Wakil Bupati serta Sestama (Sekertaris Utama) BNPB. Saya mohon nanti kesediaanya untuk direlokasi ke tempat yang lebih aman, jangan lagi mengambil resiko,” ungkap Muhadjir.

Baca Juga  Wakil Bupati Terima Kedatangan Jemaah Haji Toraja Utara

Lanjut Muhadjir, mengenai pembiayaan relokasi akan ditanggung pemerintah pusat melalui BNPB sehingga nantinya tidak akan memberatkan keluarga korban.

Menko PMK, Muhadjir Effendi menyerahkan bantuan dana siap pakai kepada Bupati Tana Toraja, Theofilus Allorerung untuk penanganan pasca longsor di Palangka dan Pangra’ta, Tana Toraja. (AP/Kareba Toraja).

Sebelumnya, Menteri Sosial, Tri Rismaharini juga mengunjungi langsung korban longsor Palangka dan menjanjikan relokasi rumah kepada warga yang terdampak dan terancam longsor di Palangka, Kecamatan Makale.

Sementara itu Sekertaris Utama BNPB, Dr. Rustian yang hadir bersama Menko PMK mengatakan akan menyiapkan tempat tinggal sementara dan terus memberikan bantuan untuk para korban sembari menunggu lokasi untuk relokasi nantinya.

Baca Juga  Mahasiswa UKI Toraja yang KKN di Kelurahan Tampo Mengkendek Hadirkan Peran AI ChatGPT dalam Pertanian Organik

Setelah mengunjungi lokasi tanah longsor, Menko PMK berkunjung ke Rumah Jabatan (Rujab) Bupati Tana Toraja, Theofilus Allorerung untuk menghadiri rapat kordinasi penanggulangan bencana alam. (*)

Penulis : Indra
Editor: Arthur

Komentar