oleh

TERKINI: Satu Unit Tongkonan Terbakar di Tinoring Mengkendek

KAREBA-TORAJA.COM, MENGKENDEK — Musibah kebakaran rumah adat Tongkonan kembali terjadi di Tana Toraja. Kali ini menimpa Tongkonan Banua Sura’ di Tinoring, Lembang Ke’pe Tinoring, Kecamatan Mengkendek, Rabu, 23 Februari 2022 dini hari.

Kebakaran yang menghanguskan Tongkonan dan semua isinya ini terjadi sekitar pukul 02.00 Wita, saat semua warga tertidur pulas.
Informasi yang diperoleh kareba-toraja.com dari petugas pemadam kebakaran Pemda Tana Toraja, Tongkonan yang terbakar ini milik Papa Enos.

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini. Namun pemilik Tongkonan menderita kerugian materi yang diperkirakan mencapai ratusan juta rupiah.

Sedangkan penyebab kebakaran masih dalam penyelidikan aparat kepolisian.
Dua unit mobil pemadam kebakaran beserta delapan personil diturunkan untuk mengatasi kebakaran ini. Namun, karena jarak yang cukup jauh ditambah angin kencang, bangunan Tongkonan itu tidak bisa diselamatkan. Petugas pemadam kebakaran mengisolasi api, sehingga tidak menjalar ke bangunan lain di sekitarnya.

Baca Juga  Dua Warga yang Meninggal Tersengat Listrik di Mengkendek adalah Karyawan Kontraktor PT XL

Aparat Kepolisian dari Polsek Mengkendek juga turut membantu memadamkan api.

“Ada penghuni di tongkonan itu, tapi bisa menyelamatkan diri dari kobaran api,” ungkap Zeth Tapparan, salah satu personil Damkar Tana Toraja.

Zet mengatakan, tiupan angin yang kencang membuat kebakaran itu berlangsung sangat cepat. (*)

Penulis: Desianti
Editor: Arthur

Komentar

Berita Lainnya