oleh

SOSOK: Tamin, Penyuluh Agama Islam KUA Gandangbatu Sillanan yang Berdakwah Sambil Bertani

Tamin, 40 tahun, adalah seorang Penyuluh Agama Islam Non PNS (PAINO) pada Kantor Urusan Agama Kecamatan Gandangbatu Sillanan. Tugasnya adalah membina jamaah Masjid Jabal Nur Sangbua dan Masjid Babussalam Pa’gasingan di Lembang Kaduaja, Kecamatan Gandangbatu Sillanan.

Dalam menyampaikan dakwahnya, Tamin tidak selalu berada didalam masjid atau di forum-forum resmi. Tetapi saat sedang berada di kebun pun, Tamin berdakwa. Itu dilakukan, baik saat sedang menggarap maupun saat panen hasil kebun.

Seperti yang terlihat pada Senin, 18 April 2022, Tamin memanfaatkan waktu saat jamaah sedang panen daun bawang di kebun milik lmam Masjid Pa’gasingan bernama Dali’.

Penyuluh sekaligus Imam Masjid Jabal Nur Sangbua adalah sosok yang menjadi panutan bagi masyarakat di Dusun Sangbua. Idenya yang mendorong para jamaah di Sangbua untuk bercocok tanam palawija, telah meningkatkan taraf ekonomi masyarakat di sana.

Baca Juga  Hasil Penelitian Ahli Vulkanologi, Longsor di Gunung Sangbua Ancam 7 Rumah, Selebihnya Masih Aman

Selain berdakwah di Masjid, Tamin terjun langsung ke kebun membantu masyarakat yang sedang mengolah lahannya atau yang sedang panen sambil menyampaikan dakwahnya.

Tamin adalah sosok yang simpel dan suka bergaul dengan orang lain. Dia juga disukai oleh remaja masjid dan ibu-ibu majelis ta’lim, sehingga kegiatan pembinaan remaja masjid dan majelis ta’lim sering pula dilakukan di rumahnya.

Pada Lomba Tadarrus Majelis Ta’lim tingkat kecamatan Gandangbatu Sillanan yang dilaksanakan di masjid Jabal Nur Buntu Rongko’, 11 April 2022 lalu, Majelis Ta’lim binaan Tamin meraih juara pertama. (*)

Citizen Reporter: Nurayni/Humas KUA Gandangbatu Sillanan

Komentar

Berita Lainnya