oleh

Selasa Besok, Debat Publik Terakhir Pilkada Tana Toraja Digelar, Nonton di Rumah Saja

KAREBA-TORAJA.COM, MAKALE — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tana Toraja akan menggelar Debat Publik pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Tana Toraja, sesi kedua atau terakhir, pada Selasa, 1 Desember 2020.

Debat Publik yang akan dimulai sejak pukul 14.00 Wita ini akan berlangsung di Hotel Metro Makale. Debat akan diikuti tiga pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati, masing-masing Theofilus Allorerung – Zadrak Tombe (nomor urut 1), Nicodemus Biringkanae – Victor Datuan Batara (nomor urut 2), dan Albertus Pataru – John Diplomasi (nomor urut 3).

Debat publik sesi kedua atau terakhir ini akan mengangkat tema “Pembangunan Berwawasan Lingkungan Hidup dan Kearifan Lokal yang Memperkokoh NKRI dengan Berorientasi pada Peningkatan Pemerataan Ekonomi dan Kesejahteraan Rakyat”.

Baca Juga  Legislator Nasdem Tana Toraja Sesalkan Longgarnya Pemeriksaan di Salubarani

Moderator debat sesi terakhir ini adalah dosen Unhas, DR Hasrullah, MA.

Ketua KPU Kabupaten Tana Toraja, Rizal Randa, menjelaskan KPU dan Kepolisian Resor Tana Toraja sudah melakukan koordinasi agar debat sesi terakhir ini bisa berjalan lancar, aman, dan mematuhi protokol kesehatan Covid-19.

Secara teknis, kata dia, jumlah orang yang masuk ke ruang debat dibatasi hanya  tiga pasangan calon, empat orang tim pemenangan masing-masing pasangan calon, anggota KPU, Bawaslu, Moderator, dan lima orang panelis.

“Selain itu, untuk mencegah kerumunan atau mobilisasi pendukung, semua pasangan calon akan dijemput polisi di rumahnya. Demikian pula saat kembali dari lokasi debat,” terang Rizal.

Rizal mengatakan, debat ini akan disiarkan secara langsung (live streaming) melalui akun Facebook: KPU Kab Tana Toraja, akun Youtube: KPU TANA TORAJA, dan akun Youtube: TRIBUN TIMUR. “Dapat juga disaksikan di TV Kabel se-Tana Toraja,” katanya.

Baca Juga  Dua Sepeda Motor Bertabrakan di Jalan Poros Rembon-Bua Kayu, Satu Pengendara Meninggal

Itu sebabnya, Rizal menghimbau kepada para pendukung pasangan calon maupun masyarakat pada umumnya untuk menyaksikan debat publik ini dari rumah. “Tidak usah berbondong-bondong ke lokasi debat,” pintanya.

Sementara itu, Kepolisian Resor Tana Toraja akan menurunkan 250 personil dan BKO Brimob untuk mengamankan jalannya debat. Sejumlah kendaraan taktis milik polisi, seperti baracuda dan water canon, juga akan dikerahkan ke lokasi debat. Polisi juga melarang masyarakat untuk berkerumun di sekitar lokasi debat. (*)

Penulis: Desianti
Editor: Arthur

Komentar

Berita Lainnya