oleh

Sejumlah Elemen Dorong Dan Pongtasik ke DPD RI

KAREBA-TORAJA.COM, MAKALE — Lima periode menjadi anggota DPRD Provinsi Sulawesi Selatan dinilai cukup bagi Dan Pongtasik untuk berkarya di level provinsi. Sejumlah elemen masyarakat pun mendorongnya maju menjadi calon Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Republik Indonesia.

“Menurut kami begitu. Bung Dan (Pongtasik) sudah saatnya melangkah ke level yang lebih tinggi. Dan jalur yang paling cocok untuk beliau adalah DPD,” tutur Erwin Tandisau’, elemen pemuda peduli Toraja di Makassar, beberapa waktu lalu.

Menurut Erwin, pengalaman selama menjadi anggota DPRD Sulsel 5 periode bisa digunakan Dan Pongtasik untuk memperjuangkan aspirasi rakyat melalui jalur DPD di pusat.

“Tentu ini baru keinginan saya dan kawan-kawan. Nanti kami akan dorong wacana ini kepada Bung Dan, semoga beliau berkenan,” ujar Erwin lebih lanjut.

Baca Juga  Reses, Legislator Tana Toraja, Ikal Paterson Bawa Material dan Kerja Bakti Bareng Warga

Dimintai tanggapannya saat menghadiri acara puncak Hari Ulang Tahun (HUT) ke-65 Kabupaten Tana Toraja, 31 Agustus 2022 yang lalu, Dan Pongtasik mengatakan berterima kasih atas wacana yang dilontarkan oleh elemen-elemen masyarakat tersebut.

Namun, menurutnya, wacana tersebut mesti dikomunikasikan terlebih dahulu dengan PDI Perjuangan, partai politik yang dihuni dan membesarkan nama Dan Pongtasik selama ini.

“Tentu saya akan komunikasikan dulu dengan partai. Karena DPD itu jalur non partai,” kata dia.

Menurut Dan Pongtasik, ide pembentukan DPD itu terinspirasi dari negara-negara yang dalam sistim ketatanegaraannya mengenal adanya lembaga negara yang disebut senator.

“Itulah sebabnya banyak orang, termasuk wartawan, sering menyebut DPD sebagai senator. Pada hal sejatinya, dari sisi kewenangan DPD bukanlah senator. Tidak punya akses untuk hak anggaran seperti DPR RI;  bahkan yg menentukan anggaran DPD RI sendiri adalah DPR RI,” terang Dan Pongtasik.

Baca Juga  Diperjuangkan Legislator Dan Pongtasik, Gereja di Kecamatan Rindingallo Dapat Bantuan Rp 500 Juta

Menurut dia, anggota DPD adalah hasil pemilihan langsung dari seluruh rakyat dalam suatu provinsi tanpa mengenal batas-batas daerah pemilihan. Sehingga secara politis dan secara legitimasi kedudukan DPD RI sangat kuat.

“Maka ke depan,  fungsi dan kewenangan DPD RI itu perlu diperkuat. Untuk hal itu butuh perjuangan termasuk lobby-lobby dengan partai politik, agar memiliki political will untuk memperkuat DPD RI sebagai lembaga perwakilan daerah,” katanya berharap.

Untuk diketahui, Dan Pongtasik adalah politisi PDI Perjuangan yang sudah lima kali terpilih menjadi anggota DPRD Provinsi Sulsel dari daerah pemilihan Toraja. Dan Pongtasik merupakan anggota DPRD Sulsel yang terlama dan terpanjang periodenya saat ini. (*)

Baca Juga  Hadapi Pemilu 2024, PDI Perjuangan Tana Toraja Gelar Konsolidasi

Penulis: Arsyad Parende
Editor: Arthur

Komentar