Rumah BUMN Telkom Tana Toraja Gelar Pelatihan Pembuatan Souvenir dari Limbah Tenun

KAREBA-TORAJA.COM, MAKALE —  Rumah BUMN Telkom Tana Toraja terus konsen melakukan pendampingan dan pembinaan kepada UMKM yang ada di Tana Toraja.

Kali ini Rumah BUMN Telkom Tana Toraja mengandeng Pengrajin sekaligus Desainer Lokal Tana Toraja Elya Sasti yang merupakan Owner dari Marampa’ Collection untuk melaksanakan Pelatihan Technical Skill pembuatan souvenir, aksesoris fashion dari kain percah dan limbah tenun.

Kegiatan pelatihan dilaksanakan di Workshop Marampa’ Collection Kelurahan Lemo, Jum’at 21 Juni 2024 dan diikuti 15 UMKM binaan Rumah BUMN Telkom Tana Toraja.

Elya Sasti adalah salah satu pengelola UMKM yang konsentrasi dalam pembuatan aneka fashion berbahan baku lokal yang banyak meluncurkan desain-desain busana dan eneka fashion yang banyak digunakan oleh para pencinta wastra Indonesia.

Baca Juga  Anggota DPR RI Terpilih, Irjen Pol (Purn) Frederik Kalalembang Salurkan Bantuan untuk Korban Longsor di Tana Toraja

Salah Satu karya Elya Sasti adalah kostum Tantri Vokalis Band Kotak pada konser musik Toraja Carnaval II tahun 2023 di Bandara Pongtiku.

Jens selaku Pengelola Rumah BUMN Telkom Tana Toraja mengatakan kegiatan ini merupakan salah satu program rutin yang dilaksanakan oleh Rumah BUMN Telkom Tana Toraja, dimana para UMKM diberikan pengetahuan baru sesuai dengan bidang usaha yang sedang dijalani saat ini dengan harapan para UMKM dapat melakukan diversikasi produk mereka.

Untuk diketahui, Rumah BUMN Telkom Tana Toraja berdiri pada Agustus 2017 yang lalu dengan nama awal RUMAH KREATIF BUMN dan digawangi dua orang pengelola yaitu Eva dan Jens.

Rumah BUMN Telkom Tana Toraja berhasil mengirim salah satu UMKM dalam ajang Pameran Fashion bergensi bertajuk L Artigiano in Fiera 2019 di Milan Italia.

Baca Juga  Toraja Utara Bakal Dapat Bantuan 3000 Vial Vaksin Covid-19 dari Hippindo

Rumah BUMN Telkom Tana Toraja adalah 1 dari 47 Rumah BUMN milik PT.Telkom Indonesia yang tersebar diberbagai Kabupaten/Kota di seluruh Indonesia.

Saat Ini UMKM yang tergabung di Rumah BUMN Telkom Tana Toraja kurang lebih 800 UMKM yang terdiri dari kategori Fashion, Food and Craft dan semuanya telah terdaftar dalam database Kementrian BUMN Republik Indonesia.

Eva rekan kerja Jens selaku Pengelola Rumah BUMN Telkom Tana Toraja mengatakan pihaknya terus berusaha untuk menggalang dan meberikan pendampingan kepada UMKM yang ada, baik dari segi legalitas usaha, kemasan produk,promosi, digitalisasi sampai pada pendampingan penggunan marketplace dalam pemasaran baik dalam bentuk pelatihan maupun coaching clinic yang bertujuan agar UMKM yang ada bisa melek digital dan terus mengembangkan usaha yang digeluti.

Baca Juga  Bupati Toraja Utara Minta Satpol PP dan Polri-TNI Tertibkan Rumah Kost

“Kami terus berupaya menjalin komunikasi, koordinasi dengan para UMKM yang sudah bergabung, menjalin ikatan emosional, dimana UMKM yang telah bergabung kami anggap seperti keluarga dan teman, sehingga pendampingan dan pembinaan dapat denga baik kami laksanakan dan ini merupakan komitmen dan kepedulian PT. Telkom Indonesia terhadap perkembangan UMKM di Indonesia” tutup Eva.

Penulis: Arsyad Parende
Editor: Artur

Komentar