oleh

PMKRI Cabang Toraja, Komunitas Stupid Traveler dan Dinas Ketahanan Pangan Tana Toraja Salurkan Ribuan Bibit Ikan Mas

KAREBA-TORAJA.COM, MAKALE — Menyambut HUT RI ke-76, Perhimpunan Mahasiswa Katolik (PMKRI) Cabang Toraja bersama Komunitas Stupid Traveler Toraja bekerjasama dengan Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten Tana Toraja menyalurkan bibit ikan Mas kepada sejumlah kelompok tani yang ada di Tana Toraja.

Difasilitasi PMKRI Cabang Toraja dan Komunitas Stupid Traveler, dua kelompok tani di Kelurahan Tampo Makale menerima bantuan 1.500 ekor bibit ikan mas langsung dari Balai Benih Ikan Sangalla’ milik Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten Tana Toraja, Rabu, 4 Agustus 2021.

Rustam Amir, Perwakilan dari Komunitas Stupid Traveler mengatakan agenda ini adalah salah satu kegiatan sosial dalam menyambut Hari Kemerdekaan RI Ke-76.

Baca Juga  Harapkan Pilkada Damai, Polres Tana Toraja Gelar Doa Bersama Tokoh Agama

“Ke depan akan ada lagi beberapa kegiatan sosial yang akan kami laksanakan sebagai rangkaian peringatan HUT RI ke-76,” ucap Rustam Amir.

Sementara itu , Suprianto Randa Bunga’ selaku Ketua Presidium PMKRI Cabang Toraja menyampaikan bahwa kerja sama ini kami lakukan sebagai salah satu agenda menyambut hari kemerdekaan juga masuk agenda pradies natalis 10 tahun untuk PMKRI Cabang Toraja.

“Situasi Pandemi Covid-19 saat ini yang sulit, melalui bantuan bibit ikan seperti ini, masyarakat diharapkan memiliki kesibukan dirumah sebagai upaya menjaga ketahanan pangan dan kestabilan ekonomi keluarga,” kata Suprianto.

Tidak hanya menfasilitasi penyaluran bibit ikan mas, PMKRI Toraja dan Komunitas Stupid Traveler akan mendampingi dan mengawasi Kelompok Tani yang menerima bantuan agar bantuan bibit ikan ini betul-betul dibudidaya dengan baik dan bisa memberikan manfaat.

Baca Juga  Pura-pura Pesan Barang, Wanita Ini Mencuri Saat Pemilik Toko/Kios Lalai

Tarman Sampeali selaku Petugas Pengelola Balai Benih Ikan menginformasikan bagi masyarakat yang punya kelompok, organisasi dan masyarakat umum bahwa ada balai Pembibitan berbagai macam ikan yang berada di Sanggalla’ kabupaten Tana Toraja mulai dari ikan mas, ikan nila dan ikan hias.

Tarman Sampeali menyampaikan bahwa balai ini sebagai penyedia bibit dapat diambil oleh masyarakat melalui kelompok atau petani yang konsentrasi dalam bididaya ikan, pengambilan bibit gratis saat masa panen sekitar umur 2 bulan.

“Harapannya pemerintah semakin memperhatikan dalam pengembangan serta pembuatan regulasi agar balai ini bisa menjadi UPTD tersendiri sehingga dalam tata kelola semakin maksimal,” ucap Tarman. (*)

Penulis: Arsyad Parende
Editor: Arthur

Komentar

Berita Lainnya