Pertama Kalinya, Tana Toraja Raih Predikat WTP dari BPK

KAREBA-TORAJA.COM, MAKASSAR — Untuk pertama kalinya, pemerintah Kabupaten Tana Toraja mendapat predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Tahun 2023.

Pada tahun-tahun sebelumnya, Kabupaten Tana Toraja selalu mendapat predikat Wajar Dengan Pengecualian (WDP), bahkan pernah mendapat disclaimer, dimana auditor BPK tidak memberi pendapat.

Sementara pemerintah Kabupaten Toraja Utara kembali meraih WTP atas LKPD tahun 2023. Toraja Utara sudah 9 kali berturut-turut meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPK.

Penyerahan hasil pemeriksaan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) tahun 2023 itu dilakukan Kepala Perwakilan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Sulawesi Selatan, Dr Amin Adab Bangun kepada Bupati Tana Toraja, Theofilus Allorerung, Rabu, 29 Mei 2024.

Baca Juga  Konvensi Nasional III Pendeta Gereja Toraja Resmi Dibuka, Dihadiri Ketua MUI Sulsel

Saat penyerahan, Theofilus Allorerung didampingi Ketua DPRD, Welem Sambolangi, Kepala Inspertorat Daerah Damoris Sembiring, dan Kepalala Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan Dan Asset Daerah (DPPKAD), Micha Lempang.

“Kita terus berkomitmen mengikuti aturan dan pedoman sebagai acuan menyiapkan LKPD secara akuntabel, terukur, dan terarah sehingga predikat WTP ini bisa kita peroleh,” tutur Theofilus.

Menurut Theofilus, banyak hal yang diperbaiki dan diupayakan oleh Pemkab Tana Toraja sehingga laporan keuangannya bisa sehat dan meraih predikat WTP dari BPK.

Sementara itu, melalui pesan Whatsaap, Rabu, 29 Mei 2024 malam, Kepalala Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan Dan Asset Daerah (DPPKAD), Micha Lempang mengaku bersyukur dan berterima kasih atas dukungan dan kerjasama semua pihak sehingga untuk pertama kalinya LKPD Tana Toraja bisa meraih predikat WTP.

Baca Juga  Pemda Tana Toraja Gelar Konsultasi Publik Penyusunan Rancangan Awal RPJMD Tahun 2021-2026

“Puji dan syukur pada Tuhan sehingga  untuk pertama kalinya  dalam sejarah Kabupaten Tana Toraja mendapatkan penilaian opini dari BPK dengan Wajar Tanpa Pengecualian,” ungkap Micha Lempang.

Menurut dia, keberhasilan ini tidak terlepas adanya kerja keras dan kerja sama antar perangkat daerah terlebih arahan dari pimpinan daerah dalam hal ini Bupati dan Wakil Bupati juga dukungan dari media dan LSM dan semua pihak yang memberi saran dan masukan sehingga hasilnya dapat kita capai bersama.

“Terima kasih kepada seluruh jajaran Pemkab Tana Toraja  beserta seluruh OPD juga dewan (DPRD) yang telah bersinergi persembahkan terbaik kepada masyarakat,” katanya lebih lanjut.

Pemerintah Tana Toraja, kata Micha, berkomitmen mewujudkan pengelolaan keuangan transparan, dan akuntabel sesuai regulasi.

Baca Juga  Kebakaran di Pasar Baru Sangalla’; 13 Lapak Ludes, 31 Orang Tinggal di Tenda

Ke depan, Pemda Tana Toraja berkomitmen mengikuti aturan dan pedoman sebagai acuan menyiapkan LKPD kedepan lebih baik, akuntabel terukur dan terarah. Demikian pula pelaksanaan program dan kegiatan pembangunan pemerintah. (*)

Penulis: AP Lino
Editor: Arthur

Komentar