Persatuan Sepak Bola Toraja (Perseto FC) Nunukan Juara Piala Gubernur Kaltara

KAREBA-TORAJA.COM, NUNUKAN — Perseto FC Kabupaten Nunukan keluar sebagai juara pertama pada turnamen sepak bola yang diselenggarakan oleh Ikatan Pemuda Sulawesi Selatan (IPSS) memperebutkan Piala Gubernur Kalimantan Utara di Stadion Sungai Bilal Kabupaten Nunukan Prov Kalimantan Utara (Kaltara), 28 April – 20 Mei 2023.

Turnamen sepak bola ini diikuti oleh 23 Tim yang berasal dari tim sepak bola lokal di Nunukan, tim sepak bola kerukunan masyarakat perantau di Nunukan, Tim sepak bola dari luar Nunukan, dan Tim Pemprov Kaltara persiapan PON.

23 Tim ini memperebutkan hadiah berupa Tropi Piala Gubernur Kaltara dan uang tunai total Rp 100 juta.

Tim kebanggaan masyarakat Toraja di Nunukan ini memastikan gelar juara Piala Gubernur Kalimantan Utara setelah di partai final yang digelar pada Sabtu, 20 Mei 2023, Perseto FC unggul tipis 1:0 atas Tim Flobamora FC yang merupakan Tim Kerukunan masyarakat Nusa Tenggara Timur (NTT).

Baca Juga  Event Promosi Wisata, Toraja Highland Festival Resmi Dibuka

Suasana haru dan bangga menyelimuti seluruh sporter, official dan pemain ketika Tim sepak bola kebanggaan masyarakat Toraja di Nunukan ini berhasil menjuarai turnamen sepak bola Piala Gubernur Kalimantan Utara.

Ribuan suporter Perseto FC, official dan pemain berkumpul di lapangan sesaat setelah peluit panjang tanda berakhirnya pertandingan dibunyikan oleh wasit yang memimpin pertandingan.

Gol tunggal Perseto FC dicetak oleh Erwin Gutawa melalui sundulan kepala memanfaatkan peluang dari skema tendangan sudut.

Gol dari pemain bertahan yang baru saja mengantar PSM Makassar Juara Liga 1 Indonesia ini sukses membawa Perseto keluar sebagai juara Piala Gubernur Kaltara.

Memanfaatkan jedah kompetensi Liga 1 Indonesia, Erwin Gutawa yang dijuluki “Sergio Ramos” nya PSM Makassar didatangkan langsung oleh Manager Perseto FC Yakhin Pangalinan Saputra dengan disponsori oleh Papacito.

Baca Juga  Sehari, 2 Pendeta yang Pernah Ketua DPRD dan Anggota KPU , Meninggal Dunia

Selain Erwin Gutawa, Perseto FC juga menghadirkan beberapa pemain seperti Dedi Irwandi yang merupakan mantan pemain PSM, Akbar Hermawan dari Tim Liga 2 Indonesia Persela Lamongan, Giofanni dari Kalteng Putra, Beny anshar dan beberapa pamin lokal Kaltara yaitu Munawir Basri, Safwan dkk dan berpadu dengan beberap pemain lokal Nunukan yaitu oleh Albibi, Rio Pasang Cs.

Sementara sang arsitek (Pelatih) Perseto FC, Aprisal dan asisten pelatih Suhedi Tiranda yang juga merupakan Mantan pemain Gastor (Gabungan Sepak Bola Toraja) tahun 1992-1996 di Liga Sulawesi dan Porda 1995.

Partai final yang mempertemukan Perseto FC dan Flobamora FC disaksikan langsung oleh Gubernur Kalimantan Utara Drs. H. Zainal A. Paliwang, SH. M.Hum dan Ketua IPSS Kaltara H. Irwan Sabri, SE. Turut hadir memberikan dukungan dan semangat untuk Tim Toraja yakni para Tua tua Toraja dan Ketua -ketua  Kerukunan dan tentunya Ketua Ikatan Keluarga Toraja Nunukan Mesak Adianto, S Sos beserta pengurus dan pengurus PMTI Nunukan.

Baca Juga  Pertama Kali Digelar, Natal Tiktokers Toraja Berlangsung Khidmat

Tak hanya gelar Juara Piala Gubernur Kaltara yang berhasil di raih Tim sepakbola Toraja ini, Perseto FC juga mengukir beberapa prestasi yaitu kiper terbaik Mansur Arabi dan pemain tebaik Giovani.

Manager Perseto, FC Yakhin Pangalinan Saputra menyampaikan terimakasih kepada seluruh sponsor, simpatisan, official dan tentunya kepada semua sporter Perseto mania yang telah mendukung dalam segala hal, baik dari persiapan-persiapan sampai pada final.

Piala Gubernur Kaltara diserahkan langsung oleh Gubernur Kaltara Drs. H. Zainal A. Paliwang, SH. M.Hum sekaligus memberikan ucapan selamat kepala Perseto FC yang berhasil kelua sebagai juara. (*)

Citizen Reporter: Masuang Jr.
Editor: Arsyad Parende

Komentar