oleh

Pendeta dari Papua Keliling Pasar di Toraja Kabarkan Firman Tuhan

KAREBA-TORAJA.COM, MAKALE —  Selama 3 hari terakhir, sosial media Toraja sedang ramai dengan aksi seorang Pendeta yang berkotbah di tengah keramaian pasar di sejumlah pasar yang ada di Toraja, baik Tana Toraja maupun Toraja Utara.

Aksi Pendeta tersebut mengundang penasaran pengguna sosial media dan pengunjung pasar dimana Pendeta beraksi.

Beliau adalah Pdt. James Batlayar S.Th, seorang Pendeta dari Yayasan Papua Memberkati, yang datang jauh dari Sentani Jayapura Provinsi Papua dalam misi pelayanan rohani di Toraja.

Jauh-jauh datang dari Papua ke Toraja, Pdt. James Batlayar S.Th mengaku tujuannya tak lain adalah untuk mengabarkan Injil kepada masyarakat di tempat-tempat umum.

Hal ini disampaikan Pdt. James Batlayar S.Th saat ditemui di penginapannya di Misliana Hotel, Jumat, 21 Januari 2022.

Baca Juga  REFLEKSI PASKAH: Dari Memoria Passionis ke Resurrexit Dominus

Pdt. James Batlayar S.Th tiba di Toraja sejak Selasa 18 Januari kemarin dan mulai berkeliling pasar di Toraja sambil berkotbah sejak rabu 19 Januari 2022 hingga Senin mendatang.

Pdt. James Batlayar S.Th mengaku pelayanan di pasar – pasar ini sudah dilakukan sejak 2008 lalu dan sudah berkeliling Indonesia melakukan hal yang sama mulai dari Medan, Manado, Ambon bahkan sampai ke Papua Nugini dan Singapura.

Kunjungannya ke Toraja saat ini adalah kunjungannya yang kedua setelah 2019 lalu sudah dilakukan hal yang sama yakni keliling pasar di Toraja untuk mengabarkan injil.

Pdt. James Batlayar S.Th mengaku alasannya memilih pasar tak lain karena pasar adalah tempat orang banyak berkumpul sehingga tidak membutuhkan ruang khsusus dan tanpa undangan atau selebaran untuk menghadirkan orang karena orang datang dengan sendirinya.

Baca Juga  8 Calon Imam Katolik Keuskupan Agung Makassar Terima Jubah di Sangalla’, Tana Toraja

“Biasanya di pasar banyak orang-orang sibuk yang sampai lupa ke Gereja, jadi kehadiran kita disana mengabarkan Injil sangat tepat” kata pdt. James

Dalam pelayanannya, Pendeta yang selalu membawa noken sebagai tempat menyimpan Alkitab ini akan berdiri di tengah kerumunan orang sambil membacakam firman Tuhan selama 5 sampai 15 menit lalu berpindah lagi ke tempat lain dalam lingkungan pasar.

Selama 3 hari di Toraja, Pdt. James Batlayar S.Th mengaku sudah mengunjungi beberapa pasar mulai dari Pasar Sangalla’, Makale, Rembon, Ge’tengan, Bolu dan sejumlah pasar lainnya hingga Senin mendatang.

Video aksi- aksi Pdt. James Batlayar S.Th menyampaikan firman Tuhan di pasar-pasar di Toraja bisa dilihat di akun Facebook pribadinya “Venessya Dimu Batlayar” dan di akun youtubenya atas nama James Batlayar.

Baca Juga  REFLEKSI PASKAH: Dari Memoria Passionis ke Resurrexit Dominus

Pendeta yang berdarah Ambon dan besar di Sorong Papua ini mengaku pelayanan lapangan yang dilakukannya tak lain bertujuan agar bagaimana bisa terjaga ketentramanan dan Kedamaian melalui pembangunan rohani yang disampaikan dalam setiap pelayanannya.

Pdt. James mengaku senang dengan pelayanan lapangan yang dilakukan di Toraja dimana masyarakat menyambut baik meski tak jarang yang menganggap aksinya tersebut adalah sekedar cari sensasi, mirip dengan penjual obat, atau bahkan ada yang menganggapnya orang gila. (*)

Penulis: Arsyad Parende
Editor: Arthur

Komentar

Berita Lainnya