oleh

Menteri Kelautan dan Perikanan Beri Bantuan 500 Ribu Bibit Ikan Nila untuk Petani di Toraja Utara

KAREBA-TORAJA.COM, RANTEPAO — Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Republik Indonesia, Sakti Wahyu Trenggono, melakukan kunjungan kerja di Kabupaten Toraja Utara, Sabtu, 19 Juni 2021.

Rombongan Menteri KKP yang menggunakan pesawat jet khusus disambut langsung oleh Wakil Bupati Toraja Utara, Frederik Victor Palimbong dan Dandim Tana Toraja, Letkol Czi. Zaenal Arifin di Bandara Toraja, Kecamatan Mengkendek, Tana Toraja, Sabtu pagi.

Selanjutnya, Menteri KKP dan rombongan menuju ke Balai Benih Ikan (BBI) Tikala, yang juga merupakan Kantor Dinas Perikanan Toraja Utara. Di sini, Menteri KKP dan rombongan disambut Bupati Toraja Utara, Yohanis Bassang.

Bupati Toraja Utara, Yohanis Bassang menyambut hangat kedatangan Menteri KKP. Dia berharap kedatangan Menteri KKP bisa memberikan dampak positif bagi sektor perikanan air tawar di Toraja Utara.

Baca Juga  Bupati Toraja Utara Ingatkan Lagi Camat Soal Kedisiplinan dan Kebersihan Lingkungan

“Kondisi Kolam-kolam kami mungkin akan mendapat sentuhan untuk direhab dan bapak menteri sudah mengatakan siap. Tempat ini sebagai tempat pesemaian ikan yang tentu akan membuat kamis lebih semangat untuk mengembangkan ikan dan hasilnya dapat dibagi kepada seluruh masyarakat. Intinya, sektor perikanan ini menjadi salah satu potensi PAD untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” ungkap Bassang.

Selain soal perikanan, Bassang juga mempromosikan kebudayaan dan adat istiadat yang menjadi kekuatan utama industri pariwisata Toraja Utara. “Toraja Utara adalah karunia dari Tuhan yang didalamnya ada unsur- unsur adat yang masih lestari, tingkat kesejahteraan masyarakat adalah bagus karena didukung alam yang mengandung nilai ekonomi  tinggi untuk pariwisata,” katanya.

Baca Juga  Event Promosi Wisata, Toraja Highland Festival Resmi Dibuka

Sementara itu, Menteri KKP, Sakti Wahyu Trenggono, menyatakan model tambak ikan nila (mas) kiranya dapat berkontribusi untuk pertumbuhan ikan yang didukung oleh pakan,  kiranya dapat berkontribusi untuk pertumbuhan ekonomi masyarakat.

Direktorat Jenderal Perikanan Budidaya Kementerian Kelautan dan Perikanan memberikan bantuan Benih Ikan Nila sebanyak 500 000 ekor calon induk ikan Nila dari BBI air tawar Tatelu Manado kepada 10 kelompok  pembudidaya ikan di Kabupaten Toraja Utara.

Selain meninjau BBI, Menteri KKP, Sakti Wahyu Trenggono, juga dijadwalkan akan menghadiri uapacara adat Rambu Solo’ seorang sahabatnya di Sa’dan, Toraja Utara. Juga mengunjungi sejumlah objek wisata di Toraja Utara dan Tana Toraja.

Menteri KKP Sakti Wahyu Trenggono dijadwalkan berada di Toraja selama dua hari. (*)

Baca Juga  Jelang Hari Bhayangkara ke 75, Polres Toraja Utara Gelar Bakti Sosial Donor Darah

Penulis: Desianti/Jul
Editor: Arthur

Komentar

Berita Lainnya