oleh

Mantan Kepala PN Makale Akui Dapat Tambahan Ilmu di Toraja karena Banyak Perkara Unik

KAREBA-TORAJA.COM, MAKALE — Mantan Kepala Pengadilan Negeri Makale Kelas 1B, YM Chairil Anwar SH, M.HUM dimutasi dalam jabatan yang baru sebagai Wakil Ketua Pengadilan Negeri Kelas 1A Khusus Kota Palu.

Sementara Jabatan Ketua Pengadilan Negeri Makale yanh ditinggalkan Chairil Anwar diisi oleh YM Rustam SH. MH yang sebelumnya menjabat sebagai Wakil Ketua PN Kelas 1B Bitung.

Pisah sambut Ketua Pengadilan Negeri Makale dari pejabat lama ke pejabat baru digelar di Aula Kantor Pengabdian Negeri Makale, Sabtu, 30 Oktober 2021.

YM Chairil Anwar SH. M.HUM dalam ungkapan kesan dan kesannya selama bertugas di Toraja mulai dari wakil Ketua PN makale sejak Maret 2020 hingga ditunjuk sebagai Ketua PN Makale sejak januari 2021, mengaku banyak mendapatkan ilmu.

“Singkat tapi padat dan banyak ilmu baru yang saya dapatkan selama 1 tahun 7 bulan di Toraja,” kata Chairil Anwar.

Baca Juga  Pelaku Begal Terhadap Seorang Gadis di Pala’-Pala’ Divonis 8 Tahun Penjara

Selama di Tana Toraja, kata dia, banyak ilmu yang didapat karena karekteristik dari suatu perkara di Toraja ini sangat bagus untuk belajar karena menyangkut hukum adat dan hukum nasional. “Di situ kita harus bijaksana mengambil keputusan dalam perkara perdata karena kadang kalah hukum adat itu bisa mengalahkan hukum nasional,” katanya.

Menyinggung tenaga-tenaga di PN Makale, Chairil Anwar mengaku sangat mumpuni dan sangat bersaing dengan PN lainnya.

Chairil Anwar juga menyebut Ketua PN yang baru yang menggantikan dirinya adalah teman lama beliau saat bertugas di PN Tegal sehingga kemampuannya tidak diragukan lagi untuk memajukan PN Makale ini.

Sementara itu, Ketua PN Makale yang baru YM Rustam SH. MH dalam sambutannya menyampaikan rasa penghormatan yang tinggi kepada Chairil Anwar yang telah memajukan PN Makale.

Baca Juga  Dua Penjual Gadis ABG Divonis 5 Tahun dan 3,6 Tahun Penjara oleh Majelis Hakim PN Makale

“Selamat atas promosi jabatan yang baru, semoga karir kedepan terus meningkat, dan selamat bertugas ditempat baru, terimakasih atas pengabdian di PN Makale,” kata Rustam.

Di tempat terpisah, Humas/Juru Bicara PN Makale, Helka Rerung, SH menyampaikan bahwa selama kepemimpinan Bapak Chairil Anwar di PN Makale banyak hal dan prestasi yang ditorehkan beliau baik dari segi kepemimpinan, inovasi dan hal-hal yang berkaitan dengan penyelesaian teknis penanganan perkara baik perkara pidana maupun perkara perdata.

“Salah satu contoh di tahun 2021 ini, PN Makale berhasil mempertahankan Akreditasi A exeland, selain itu Beliau telah menyelesaikan berberapa pelaksanaan Eksekusi Rill dengan tuntas terhadap perkara yang telah berkekuatan hukum tetap (incrah) yang selama ini menunggak di PN Makale,”urai Helka.

Baca Juga  Pisah Sambut Ketua PN, Wabup Torut: Ada Pertemuan Tentu Ada Perpisahan

Lebih lanjut Helka menyampaikan bahwa bagi keluarga besar PN Makale kedepan yang akan dipimpin oleh ketua yang baru yaitu Bapak Rustam, S.H.M.H, tentu kami sangat siap bersinergi dan menjalankan petunjuk beliau selaku pimpinan kami yang baru sesuai dengan kewenangan Pengadilan yang ada dan tentu ini semua demi pelayanan kepentingan masyarakat yang ada di Kabupaten Tana Toraja dan Kabupaten Toraja Utara.

“Selamat jalan pak Chairil terima kasih pengabdiannya di Tondok Toraya dan selamat datang Bapak Rustam selaku Ketua PN Makale yang baru,” ujar Helka.

Pisah sambut Ketua PN Makale dihadiri Kepala Kejaksaan Negeri Tana Toraja Erianto L. Paundanan, Serta dihadiri seluruh jajaran Pegawai PN Makale termasuk Ketua Pos Bantuan Hukum (Posbakum) Joni Paulus. (*)

Penulis: Arsyad Parende
Editor: Arthur

Komentar

Berita Lainnya