oleh

Lomba Sekolah Sehat; SDN 150 Perindingan Juara 1, SDN 139 Tampapute Juara 2

KAREBA-TORAJA.COM, MAKALE — Sekolah Dasar Negeri (SDN) 139 Tampapute, Kecamatan Gandangbatu Sillanan, Kabupaten Tana Toraja, berhasil meraih juara 2 dalam lomba Sekolah Sehat Kabupaten Tana Toraja tahun 2020. Yang meraih juara 1 pada lomba ini adalah SDN 150 Perindingan dan juara 3 adalah SDN 173 Kayuosing.

Lomba Sekolah Sehat ini diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) secara online, baik untuk pembinaan maupun lomba sekolah sehat.

Lomba sekolah sehat dinilai dari 5 kebiasaan, yaitu:

  1. Mencuci tangan dengan sabun
  2. Makanan beragam, bergizi seimbang dan aman, minum air bebas kuman
  3. Sikat Gigi pagi dan malam
  4. Toilet, kamar mandi, lantai, dan permukaan bersih higienis
  5. Kelolah sampah sekolah.
Baca Juga  Jadi Pendaftar Pertama, Victor Optimis Kembali Pimpin Golkar Tana Toraja

Lima kebiasaan ini di kirim lewat file ke tim penilaian dalam bentuk foto dan video siswa dan guru mempraktekkan 5 kebiasaan sehat dan waktu yang ditentukan team penilaian adalah 21 hari dan pengiriman 2 kali sepekan.

Sariri, Kepala SDN 139 Tampapute, mengatakan penghargaan juara dalam lomba tersebut kami terima langsung di sekolah dan diserahkan oleh Tim Yayasan Peduli Negeri, Senin, 15 Februari 2021.

“Lomba Sekolah Sehat digelar dalam rangka pembinaan dan pengembangan kesehatan sekolah. Tujuannya untuk meningkatkan derajat kesehatan peserta didik dan pengembangan kesehatan di sekolah,” terang Sariri.

Sementara itu, Anita, salah satu peserta perwakilan guru dari SDN 139 Tampapute mengucapkan terima kasih kepada team yayasan peduli sekolah sehat atas kepercayaannya menjadikan SDN 139 Tampapute sebagai salah satu pemenang.

Baca Juga  “Hujan Es” Terjadi Lagi di Toraja

“Terima kasih juga buat dukungan dari orangtua dan anak didik serta rekan-rekan guru SDN 139 Tampapute atas partisipasinya dalam hal kegiatan sekolah sehat ini. Semoga para guru di SDN 139 Tampapute ini senantiasa sehat dan tetap semangat dalam mengajar murid-muridnya. Perihal agama dan ilmu pengetahuan,” ujar Anita.

“Kami percaya SDN 139 Tampapute adalah sekolah terbaik untuk menimba ilmu . Dan Semoga SDN 139 tampapute makin maju dan siswa-siswanya berprestasi, dan bisa mengharumkan nama baik Tana Toraja,” harapnya lebih lanjut.

Para pemenang Lomba Sekolah sehat ini akan mendapat bonus berupa pembangunan fasilitas cuci tangan pakai sabun di sekolah dan sertifikat. Semua peserta sekolah sehat juga akan dibagikan media edukasi sekolah sehat dan produk kesehatan. (*)

Baca Juga  Vaksinasi Covid-19 di Toraja Utara dan Tana Toraja Dimulai 1 Februari 2021

Penulis: Abdul Munir
Editor: Arthur

Komentar

Berita Lainnya