Lelaki Ganteng dari Toraja Utara Ini Raih Juara 1 di Ajang Adujak Genre Sulsel 2024

KAREBA-TORAJA.COM, MAKASSAR — Okta, Finalis Putra Duta Genre Perwakilan Toraja Utara berhasil merahi Juara 1 di ajang Adujak Genre Sulsel 2024.

Pengumuman pemenang dilaksanakan pada puncak perhelatan ADUJAK (Apresiasi Duta dan Jambore Ajang Kreatifitas Genre) Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan Tahun 2024 digelar di Hotel Swiss Bellin Makassar, Selasa, 21 Mei 2024.

Kegiatan ini merupakan ajang yang sangat ditunggu bagi seluruh Genrengers Sulawesi Selatan. Tahun 2024 menjadi momentum 1 dekade dari perhelatan akbar Adujak Sulsel.

Okta merupakan mahasiswa Fakultas Teologi Universitas Kristen Indonesia (UKI) Toraja bersama partnernya Destalia, siswa SMAN 1 Toraja Utara.

Adujak Genre Sulsel 2024 dilaksanakan selama 3 hari, mulai tanggal 20-22 Mei 2024 di Hotel Swiss Bell Panakukang Makassar.

Adujak Genre Sulsel merupakan suatu kegiatan dibawah naungan BKKBN yang diikuti 21 kabupaten/kota se-Sulawesi Selatan dengan tujuan meningkatkan partisipasi remaja untuk memberi dampak dan berdaya di masyarakat.

Baca Juga  40 Stand Produk Kopi Meriahkan Festival Kopi Toraja 2023

Penilaian yang dilakukan tidak hanya sampai pada 3 hari karantina, tetapi dimulai dari pra-karantina pada bulan Maret 2024. “Setiap Finalis diberikan challange dari Live Instagram yang membahas satu topik untuk 3 finalis,” terang Okta kepada KAREBA TORAJA, Senin, 27 Mei 2024.

Video Challange yang temanya sudah ditentukan, dan coaching clinic yang dilakukan beberapa kali menuju Grand Final Offline di Makassar.

Setelah melalui tahapan-tahapan tersebut, akhirnya Okta, selaku perwakilan Duta Genre Kabupaten Toraja Utara keluar sebagai Pemenang Putra yang dimulai dari pengumuman Top 11 untuk Orasi Top 8 Sesi Q&A dan Top 3 Sesi Q&A.

Apresiasi Duta kali ini diikuti oleh 21 Kabupaten Kota. Selain kategori Duta, juga dilaksanakan Jambore Ajang Kreatifitas Genre dengan beberapa perlombaan diantaranya Meaningful Youth Participation (MYP), Implementasi Modul Tentang Kita, INI Genting kerja sama dengan BAAS (Bapak Asuh Anak Stunting), dan Forum Genre.

Baca Juga  Ini Hasil Lengkap Pemilihan 48 Kepala Lembang di Tana Toraja

Malam Grand Final Adujak Sulsel Tahun 2024 dihadiri oleh Kepala Perwakilan BKKBN Sulsel Shodiqin, SH, MM, Direktur Bina Ketahanan Remaja BKKBN RI Dr. Edi Setiawan, S.Si, M.Se, M.Sc, Bupati/Walikota dan Ketua TP PKK Kabupaten/Kota, OPD TK Provinsi dan OPD KB Kabupaten/Kota dan Ketua Umum Forum Genre Indonesia.

Pada malam Apresiasi Duta Genre, Finalis Toraja Utara meraih Juara I Duta Genre Putra disusul Kota Parepare sebagai Juara II, Kabupaten Takalar sebagai Juara III dan Duta Advokasi Terbaik diraih oleh Kabupaten Barru. Untuk kategori Duta Genre Putri Juara I diraih oleh Kota Parepare, Juara II Kabupaten Maros dan Juara III diraih Kota Makassar, dan Juara Advokasi Terbaik diraih oleh Kabupaten Bulukumba.

Baca Juga  Cegah Mewabahnya PMK, Pemkab Tana Toraja Larang Masuk-Keluar Hewan Berkuku Belah

Pemilihan Duta Genre bukan ajang untuk menunjukkan kehebatan dan berhenti sampai di nobatkan menjadi pemenang, namun bagaimana duta bisa memberikan edukasi ke remaja dan kontribusi kepada masyarakat selama menjabat sebagai duta.

Kegiatan ADUJAK diharapkan memberikan dampak bagi peningkatan kualitas program Bangga Kencana dan khususnya melalui peran Duta pencegahan stunting dari hulu dapat berhasil dan mampu menekan angka stunting di Sulawesi Selatan secara signifikan. (*)

Penulis: Arsyad Parende
Editor: Arthur

Komentar