Lagi, Pohon Tumbang Timpa Rumah dan Lumbung Milik Warga Sangalla’

KAREBA-TORAJA.COM, SANGALLA’ — Cuaca buruk yang melanda wilayah Kabupaten Tana Toraja beberapa hari terakhir, berdampak terhadap bangunan milik pendudukan di beberapa wilayah kecamatan.

Sebelumnya, pada Rabu, 15 Juni 2022 dilaporkan satu unit rumah milik warga Lembang (Desa) Simbuang di Kecamatan Mengkendek, rusak berat ditimpa dahan pohon yang jatuh akibat tertiup angin kencang.

Kamis, 17 Juni 2022, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tana Toraja kembali melaporkan kejadian bencana alam berupa pohon tumbang di Dusun Batualu, Lembang Katapi, Kecamatan Sangalla.

Pohon yang tumbang akibat diterjang angin kencang dan hujan lebat itu, menimpa rumah dan lumbung padi milik warga bernama Daniel Parende atau Ne’ Wana.

Baca Juga  Layanan Cuci Darah Kini Hadir di RSUD Lakipadada Tana Toraja

“Pohon Induk (enau/aren) tumbang menimpa rumah dan satu lumbung padi. Kondisi rumah dan lumbung rusak cukup parah,” ungkap Kepala BPBD Tana Toraja,Kristian Batara Sakkung, Jumat, 17 Juni 2022.

Kristian mengatakan, pohon Enau itu tumbang diduga akibat curah hujan yang tinggi disertai angin puting beliung.

“Tidak ada korban jiwa tetapi keluarga itu mengalami kerugian materi yang cukup besar, diperkirakan mencapai ratusan juta rupiah,” tutur Kristian lebih lanjut.

Kristian mengatakan, kondisi cuaca di wilayah Tana Toraja dalam beberapa hari ke depan belum bisa diprediksi. Itu sebabnya dia menghimbau warga untuk tetap waspada dan berhati-hati.

Bencana alam yang mungkin terjadi, diantaranya pohon tumbang, tanah longsor, petir, dan banjir. (*)

Baca Juga  Sehari, Wabup Tana Toraja Incumbent Daftar di Tiga Partai Politik Berbeda

Penulis: Arsyad Parende
Editor: Arthur

Komentar