oleh

Kulit Remaja Asal Makale Ini Melepuh Pasca Vaksinasi Covid-19

KAREBA-TORAJA.COM, MAKALE —  Salsabilah, 14 tahun, remaja asal To’kaluku, Kelurahan Bombongan, Makale mengalami kondisi penyakit tak biasa berupa kulit melepuh sekujur tubuh pasca menerima suntikan vaksin Covid-19.

Selain kulit yang melepuh, kondisi tubuh Salsabila juga lemah, tak bisa banyak bergerak. Dia hanya berbaring di tempat tidur.

Menurut pengakuan Ernawati, orang tua Salsabila  kepada wartawan Kareba Toraja di rumahnya di To’kaluku, Selasa, 9 November 2021 sore, kondisi yang dialami anaknya terjadi 3 hari setelah menerima vaksin Covid-19.

Ernawati mengatakan, Salsabilah menerima vaksin Covid-19 pada tanggal 16 Oktober 2021 di SMPN 1 Tana Toraja. Tiga hari setelahnya, anaknya mulai merasakan gejala berupa bintik-bintik merah hingga akhirnya seluruh kulitnya seperti melepuh.

Baca Juga  201 Dosen dan Pegawai UKI Toraja Sudah Divaksin Covid-19 Tahap 2

“Awalnya hanya bintik-bintik merah, kami pikir hanya massarampa tapi lama-lama bintik-bintiknya membesar dan akhirnya seperti melepuh,” tutur Ernawati.

Ernawati mengaku anaknya sempat dirawat di Rumah Sakit Sinar Kasih selama 3 minggu dan diminta untuk merujuk ke Makassar. “Saya disuruh rujuk ke Makassar tapi suami saya juga sakit, tidak ada yang jaga sama anak-anak, jadi saya rawat di rumah saja dulu,” urai Ernawati

Kepala Dinas Kesehatan Tana Toraja, dr. Ria Tanggo yang dikonfirmasi membenarkan kejadian tersebut. Menurutnya, Salsabilah diduga memiliki riwayat alergi.

“Menurut saya, ada alergi dengan vaksinnya tetapi sebelumnya sudah berobat kemana-mana setelah ada gejala kemerahan itu. Jadi sudah ada juga interaksi dengan obat-obatan,” terang dr. Ria

Baca Juga  Vaksinasi Covid-19 di Toraja Tahap II Dimulai, Masyarakat Dihimbau Tidak Takut Divaksin

Meski begitu, dokter Ria berjanji akan mengurus Salsabilah agar mendapatkan perawatan yang lebih baik lagi.

Kejadian yang dialami Salsabilah sempat tidak terpantau wartawan. Kondisi Salsabilah baru diketahui media saat DPD Partai Nasdem menggelar kunjungan kasih ke rumah orang tua Salsabilah untuk menyerahkan santunan kepada ayah Salsabilah yang mengalami kondisi lumpuh.

Dalam Silaturrahim ini, Ernawati (Ibu dari Salsabilah) menceritakan jika bukan hanya suaminya saja yang sakit namun anaknya juga terbaring lemah pasca menerima vaksinasi Covid-19 sehingga informasi terkait kondisi yang dialami Salsabilah mencuat kepermukaan. (*)

Penulis: Arsyad Parende
Editor: Arthur

Komentar

Berita Lainnya