oleh

Kalatiku Ingin Akhiri Pemerintahannya dengan Opini WTP, Bupati Baru Diharap Melanjutkannya

KAREBA-TORAJA.COM, RANTEPAO — Bupati Toraja Utara, Kalatiku Paembonan menyatakan dirinya akan mengakhiri pemerintahannya bersama Yosia Rinto Kadang dengan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI.

Dia ingin agar laporan keuangan pemerintah Toraja Utara selama dipimpin Kalatiku-Rinto selalu meraih opini WTP dari BPK. Karena Toraja Utara sudah lima kali berturut-turut meraih opini WTP dari BPK RI.

Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atau unqualified opinion menyatakan bahwa laporan keuangan entitas yang diperiksa, menyajikan secara wajar dalam semua hal yang material, posisi keuangan, hasil usaha, dan arus kas entitas tertentu sesuai dengan prinsip akuntansi yang berlaku umum di Indonesia.

Baca Juga  Imam Besar Masjid Istiqlal Jakarta Berkunjung ke Toraja, Termasuk ke Burake

“Saya mengapresiasi kerjasama kita di bidang pengelolaan keuangan selama ini, sehingga selalu mendapat opini WTP dari BPK. Tahun ini, yang merupakan tahun terakhir kami memimpin Toraja Utara, saya berharap kita tetap WTP,” ujar Kalatiku di hadapan para Kepala OPD dalam rapat pendahuluan pemeriksaan pemerintah Kabupaten Toraja Utara di Komplek Perkantoran Marante, Selasa, 26 Januari 2021.

“Dan, jika tahun ini kita bisa WTP, saya berharap bupati dan wakil bupati selanjutnya bisa melanjutkan trend positif pengelolaan keuangan ini. Sekali WTP tetap WTP,” urai Kalatiku lebih lanjut.

Rapat pendahuluan ini menindaklanjuti Surat Ketua Tim Pemeriksaan Badan Pemeriksa Keuangan Perwakilan Provinsi Sulawesi Selatan NO 01/LKPD-TORUT/01/2021 tanggal 23 Januari 2021 perihal pemberitahuan pemeriksaan interen atas laporan keuangan Pemerintah Kabupaten Toraja Utara Tahun 2020.

Baca Juga  Polres Toraja Utara Siap Amankan TPS pada Pilkada 9 Desember

“Para Kepala OPD harus bertanggung jawab penuh atas pemeriksaan BPK. Saya berharap jangan ada dinas luar dulu sampai selesainya pemeriksaan tersebut,” tegas Kalatiku.

Pemeriksaan BPK atas laporan keuangan pemerintah daerah biasanya dilaksanakan pada bulan Februari sampai Maret tahun berjalan untuk laporan keuangan tahun sebelumnya.

Merujuk pada waktu pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Toraja Utara saat ini (periode 2016-2021), Kalatiku Paembonan dan Yosia Rinto Kadang, yakni tanggal 31 Maret 2016, maka pelantikan Yohanis Bassang dan Frederik Victor Palimbong kemungkinan akan berlangsung pada 31 Maret 2021 mendatang. (*)

Penulis: Herson Pasuang
Editor: Arthur

Komentar

Berita Lainnya