Hasil Pemungutan Suara Ulang di Toraja Utara, Prabowo-Gibran Menang Telak

KAREBA-TORAJA.COM, RANTEPAO — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Toraja Utara menggelar Pemungutan Suara Ulang (PSU) pada 4 TPS di empat Lembang (Desa), Jumat, 23 Februari 2024.

Keempat TPS yang akan menggelar PSU tersebut, yakni TPS 003 Lembang Buntu Karua, Kecamatan Awan Rantekarua (DPT 108 pemilih). Kemudian TPS 002 Kelurahan Malango’, Kecamatan Rantepao (DPT 275 pemilih). Lalu, TPS 003 Sungkun Lembang Benteng Mamullu Kecamatan Kapala Pitu (DPT 282 pemilih). Dan TPS 004 Dusun Kalintiong Lembang Salu Kecamatan Sopai (DPT 177 pemilih).

Dari hasil PSU yang dilaksanakan di empat TPS tersebut, tiga diantaranya sudah diketahui hasilnya. Satu lainnya masih belum diketahui.

Hasil perolehan suara dari tiga TPS yang dihimpun KAREBA TORAJA, memperlihatkan pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden nomor urut 2, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka menang dengan angka yang cukup telak.

Baca Juga  Lama Dicari, Terduga Pelaku Pencurian di Toko Ballona Shop Rantepao Akhirnya Ditangkap

Di TPS 002 Kelurahan Malangngo Kecamatan Rantepao misalnya, dari 106 pemilih yang menggunakan hak pilih di TPS ini, pasangan Prabowo-Gibran mendapat 84 suara. Sedangkan pasangan Anis Baswedan-Muhaimin Iskandar mendapat 8 suara dan Ganjar-Mahfud 13 suara.

Sedangkan di TPS 003 Lembang Buntu Karua, Kecamatan Awan Rantekarua, dari 55 suara sah, pasangan Anis Baswedan-Muhaimin Iskandar mendapat 2 suara, pasangan Prabowo-Gibran 45 suara, dan Ganjar Mahfud 8 suara.

Di TPS 004 Lembang Salu, Kecamatan Sopai, pasangan Prabowo-Gibran juga mendominasi dengan perolehan 83 suara. Sedangkan pasangan Ganjar-Mahfud 29 suara, dan pasangan Anis-Muhaimin 5 suara.

Satu TPS lainnya, yakni TPS 003 Sungkun Lembang Benteng Mamullu Kecamatan Kapala Pitu, belum diketahui hasilnya.

Baca Juga  Tiba di Jayapura, Jenazah 2 Warga Toraja yang Dibunuh di Yahukimo, Didoakan

Partisipasi Pemilih Menurun

Jumlah pemilih yang menggunakan hak suara pada Pemungutan Suara Ulang (PSU) di tiga TPS ini mengalami penurunan yang cukup signifikan. Hal ini diduga disebabkan karena kesibukan warga.

TPS 003 Lembang Buntu Karua, Kecamatan Awan Rantekarua, misalnya dari jumlah DPT 108, yang menggunakan hak pilih hanya 56 orang.

Ketua Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Toraja Utara, Semuel Rianto Tappi’ yang mengawal pelaksanakan PSU di TPS 003 Lembang Buntu Karua menyebutkan pada Pemilu tanggal 14 Februari 2024, jumlah pemilih yang menggunakan hak pilih sebanyak 81 orang. Pada PSU tanggal 23 Februari 2024 tinggal 56 orang yang menggunakan hak pilih.

Sedangkan di TPS 002 Kelurahan Malangngo Kecamatan Rantepao dari jumlah DPT 275 orang, hanya 106 orang yang kembali datang memilih pada Pemungutan Suara Ulang.

Baca Juga  Sepeda Motornya Terjatuh ke Jurang, Penyuluh Pertanian Asal Rindingallo Meninggal Dunia

Di TPS 004 Dusun Kalintiong Lembang Salu Kecamatan Sopai dari 177 pemilih dalam DPT hanya 117 orang yang kembali datang memilih pada PSU.

Untuk diketahui, Pemungutan Suara Ulang juga dilaksanakan pada 4 TPS di Kecamatan Bonggakaradeng, Kabupaten Tana Toraja, yang juga dilaksanakan pada hari ini, Jumat, 23 Februari 2024. (*)

Penulis: Desianti
Editor: Arthur

Komentar