Alang Toraja Jadi Ikon Pintu Gerbang Masuk Inacraft 2023 di JHCC Senayan Jakarta

KAREBA-TORAJA.COM, JAKARTA — Bangga dan bersyukur. Alang, yang merupakan lumbung padi khas dari Toraja dijadikan pintu gerbang masuk pada pameran kerajinan terbesar se-Indonesia, International Handicraft Trade Fair (Inacraft) 2023 di Jakarta Hall Convention Centre (JHCC), Senayan.

Pameran dengan tema “From Smart Village to Global Market” ini berlangsung dari tanggal 1-5 Maret 2023 yang berkolaborasi dengan pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan sebagai ikon pameran.

Karena mengangkat tagline “The Authentic South Sulawesi”, selain Alang (lumbung padi khas Toraja), terlihat pula ikon Sulawesi Selatan lainnya, seperti Kapal Pinisi dari Bulukumba serta beberapa ikon lainnya dari tiga suku yang ada di Sulsel, Bugis, Makassar, Toraja.

Sulawesi Selatan membawa semangat mengembalikan kejayaan Sutera Sulawesi akan turut menampilkan tari dan musik selama pameran serta kuliner khas yang terkenal dan mendapatkan pengakuan warisan budaya tak benda (UNESCO Intangible Cultural Heritage).

Staf Diskominfo Toraja Utara, Anugerah Yaya Rundupadang, melaporkan bahwa pada event pameran kerajinan terbesar se-Indonesia yang ke 23 tahun ini, Alang (lumbung padi) menjadi ikon yang istimewah karena berdiri di dua gerbang utama dan dinamai Gerbang Toraja.

Baca Juga  Bupati Sebut Pembangunan Alun-alun Kota Rantepao pada Rapat KUA-PPAS 2022
Pintu Gerbang Toraja dengan ikon utama bangunan Alang (lumbung padi khas Toraja) di Pameran Inacraft 2023 Jakarta. (Foto: AYR/Kareba Toraja).

Pemerintah Kabupaten Toraja Utara, kata Anugerah, mengambil bagian dalam pameran Inacraft 2023 ini. Melalui Dekranasda serta Dinas Perindustrian  Perdagangan, dan Koperasi, Pemkab Toraja Utara berupaya maksimal  menampilkan  berbagai  produk unggulan terseleksi hasil kerajinan dari Toraja Utara.

Adapun produk yang dipamerkan, diantaranya kain tenun Toraja, busana, passapu, parang, ragam hias ukiran, perhiasan, juga perhiasan dari bahan daur ulang tulang kerbau, serta Kopi Arabica Toraja.

“Selain bahan pameran kerajinan secara fisik, juga ditampilkan secara informasi, foto, video digital memalui QR code dan  Brosur Digital,” kata Anugerah.

Baca Juga  Tampung Delegasi GMKI Papua, JRM: Mereka Saudara Saya

Anugerah melaporkan, Wakil Bupati Toraja Utara, Frederik Victor Palimbong bersama Ketua Dekranasda Kabupaten Toraja Utara, Agustina Mangande mengikuti acara pembukaan  yang resmi dibuka oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno, Rabu, 1 Maret 2023.

“Pak Menteri bersama Gubernur Sulsel berkesempatan berkeliling di stand booth Kabupaten/Kota yang ada di area pameran,” ungkap Anugerah.

Sedangkan Wakil Toraja Utara, Frederik Victor Palimbong mengaku bangga dan berterimakasih serta mengapresiasi panitia atas banyaknya Rumah Toraja, Lumbung, Ukiran Toraja yang menjadi  motif dekorasi Inacraft tahun ini.

Wakil Bupati Toraja Utara, Frederik Victor Palimbong mengunjungi stand Toraja Utara di Pameran Inacraft 2023. (Foto: AYR/Kareba Toraja).

“Ini merupakan moment kita mempromosikan dan mempresentasikan berbagai produk kerajinan yang kita miliki serta  kopi Toraja, dan produk lainnya. Event ini sebagai bentuk dukungan penuh  pemerintah kepada pelaku UMKM untuk meningkatkan kesejahterannya,” tutur Frederik Palimbong.

Baca Juga  Bupati Toraja Utara Harap Tim Futsal dan Volly Harumkan Nama Daerah di Ajang Pra Porda

Selain Ketua Dekranasda, ikut pula Wakil  Ketua Dekranasda Damayanti Batti, Kepala Dinas Perindagkop Toraja Utara Amos Patolla, dan Sekretaris Dinas Perindagkop, Yenni Pretty Bulo.

Tahun ini Pameran INACRAFT diikuti 1.118 UKM peserta mengisi 1200 booth yang terdiri dari 904 anggota ASEPHI, 214 Non Anggota, dan 61 peserta binaan Kementerian Perindustrian, Kementerian Perdagangan, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Kementerian BUMN dan Kementerian Hukum dan HAM, 35 BUMN, 255 peserta binaan Dinas/Dekranasda dan dihadiri visitor/tamu khusus internasional.

Terdapat 133 peserta kategori Eksportir dan siap ekspor yang tersebar dengan tanda khusus di booth masing-masing. Pameran INACRAFT menargetkan 170.000 pengunjung dengan target transaksi retail sebesar 145 milyar rupiah dengan kontak dagang diharapkan mencapai USD 12 juta.

Ragam Produk yang dipamerkan berasal dari 7 kategori bahan baku (Keramik, Serat Alam, Logam, Batu-batuan, Tekstil, Kayu, dan Bahan lainnya) mulai dari Batik, Traditional. Juga Textile Moslem Fashion, Tenun, Songket, Embroidery, Home Deco, Jewelry & Accessories, Housewares, Decorative Items, Bags & Travel goods, Gift Items & Miscellaneous crafts. (*)

Penulis: Desianti
Editor: Arthur

Komentar