Kado Akhir Tahun, IPSI Tana Toraja Bawa Pulang 57 Medali dari Kejurnas Pencak Silat

KAREBA-TORAJA.COM, MAKASSAR — Kontingen Tana Toraja membawa pulang 57 medali dari Kejuaraan Nasional Pencak Silat yang digelar di GOR Sudiang, Makassar, 29 – 31 Desember 2023.

57 medali itu terdiri dari 10 medali emas, 20 medali perak, dan 27 medali perunggu.

Pada event ini, Pengda Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Tana Toraja, yang dikomandoi Sumartin, sebagai Ketua IPSI sekaligus pelatih menurunkan atlet silat sebanyak 66 atlet, mulai dari Kategori Usia Dini, Pra Remaja, dan Remaja, baik putra maupun puteri.

Di hari pertama Kejurnas, Kontingen Tana Toraja sudah mengantongi 4 medali emas, khusus usia dini dan sampai hari terakhir mengumpulkan 10 medali emas untuk Fighter.

Baca Juga  Antisipasi Virus ASF, Pedagang Dilarang Memasukkan Babi dari Luar Daerah ke Toraja Utara

Adapun untuk kategori Seni Tunggal Tangan kosong hanya diisi  oleh 1 atlet putri remaja dgn perolehan medali perak. Dari 10 emas yg kita dapatkan selebihnya adalah perak dan perunggu. Semua atlet kami adalah asli putra dan putri  Tana Toraja yang diseleksi dari 14 unit latihan yang ada di wilayah Kabupaten Tana Toraja.

“Semangat anak-anak dalam meraih prestasi cabang olah raga pencak silat cukup tinggi. Anak-anak selalu kita semangati bahwa olahraga pencak silat adalah olahraga asli bangsa Indonesia sebagai warisan leluhur yang memuat kearifan lokal. Kami tanamkan nilai-nilai moral dan akhlak untuk menyeimbangkan 3 unsur dalam diri manusia yaitu, intelektual, emosional dan spritual sehingga terjadi keseimbangan dalam setiap gerak langkah kita sebagai makhluk ciptaan Tuhan,” tutur Sumartin.

Baca Juga  Sambut HUT Bhayangkara ke-76, Polres Toraja Utara Gelar Turnamen Bola Volly

Keikutsertaan IPSI Tana Toraja dalam Kejurnas ini didukung oleh banyak pihak. Itu sebabnya, Sumartin mengucapkan terima kasih atas bantuan serta dukungan dari semua pihak yang terlibat dalam Kejurnas ini. (*)

Penulis: Siska Papalangi’
Editor: Arthur

Komentar