Incumbent Bupati Toraja Utara, Yohanis Bassang Mendaftar di Partai Demokrat

KAREBA-TORAJA.COM, RANTEPAO — Bakal Calon Bupati Toraja Utara (incumbent), Yohanis Bassang, mendaftar di Partai Demokrat, Senin, 29 April 2024.

Melalui Tim Pemenangannya, incumbent Bupati Toraja Utara yang akrab disapa OmBas itu, mengambil formulir pendaftaran di Sekretariat DPC Partai Demokrat Toraja Utara, Jalan Pongtiku, Karassik, Rantepao.

Kedatangan Tim Pemenangan Yohanis Bassang yang dipimpin salah satu petinggi Partai Golkar Toraja Utara, Yafet Bontong, itu diterima oleh Ketua DPC Partai Demokrat Toraja Utara, Marthen Rante Tondok didampingi Tim Penjaringan Bacalon Bupati/Wakil Bupati Partai Demokrat Toraja Utara.

Kepada wartawan, Yafet Bontong menerangkan bahwa kedatangan dirinya beserta beberapa anggota Tim Pemenangan ke Partai Demokrat adalah untuk bersilaturahmi dan mengambil formulir pendaftaran Bakal Calon Bupati Toraja Utara atas nama Yohanis Bassang.

Yafet menyebut, saat pengembalian formulir, bakal calon Bupati Toraja Utara, Yohanis Bassang yang akan mengantarkan sendiri formulir pendaftaran it uke Partai Demokrat.

Baca Juga  Untuk Ketujuh Kalinya Secara Berturut-turut, LKP Toraja Utara Dapat Opini WTP

“Nanti kalau pengembalian formulir, Pak Ombas (Yohanis Bassang) yang akan mengantar ke sini (Sekretariat DPC Partai Demokrat),” ujar Yafet.

Yafet berharap, Partai Demokrat akan Bersama Partai Golkar mengusung Yohanis Bassang pada Pilkada Toraja Utara tahun 2024, sama seperti pada Pilkada tahun 2020, dimana Partai Golkar berkoalisi dengan Partai Demokrat mengusung pasangan Yohanis Bassang-Frederik Victor Palimbong.

“Harapan kita seperti itu (berkoalisi). Tapi tentu kita akan lihat perkembangan politik ke depan bagaimana,” ujar Yafet.

Yafet juga menginformasikan bahwa selain Partai Demokrat, Yohanis Bassang juga sudah mendaftar di sejumlah partai politik lainnya, seperti PDI Perjuangan, Partai Solidaritas Indonesia (PSI), dan Partai Perindo.

Ketua DPC Partai Demokrat Toraja Utara, Marthen Rante Tondok menyerahkan formulir pendaftaran bakal calon Bupati kepada Yafet Bontong, yang merupakan utusan dari bakal calon Bupati (incumbent), Yohanis Bassang. (AP/Kareba Toraja).

“Dalam satu dua hari ini kita akan mendaftar ke Partai Gerindra, Nasdem, dan PAN. Kita daftarlah ke semua partai yang ada,” katanya.

Baca Juga  JRM: Pasangan OmBas-Dedy Pilihan Tepat untuk Kemajuan Toraja Utara

Sementara itu, Ketua DPC Partai Demokrat Toraja Utara, Marthen Rante Tondok, mengatakan partainya menerima semua bakal calon yang akan berkompetisi dan memiliki kepedulian serta niat untuk membangun Kabupapaten Toraja Utara.

“Setelah ini (pengambilan formulir), bakal calon akan mengisi formulir tersebut dan mesti mengembalikan sendiri formulir itu ke Tim Penjaringan Bacalon,” kata Marthen.

Dengan mengembalikan sendiri, Partai Demokrat akan berdiskusi, menyamakan presepsi serta visi antara partai dan bakal calon. Bakal calon yang visinya sama, akan dipertimbangkan Partai Demokrat untuk diusung.

“Nanti kalau sudah lolos di DPC, akan ada fit and proper test (uji kelayakan dan kepatutan) di DPD Partai Demokrat Sulsel,” terang Marthen.

Baca Juga  Bupati Toraja Utara Sambut Kedatangan Menteri Pariwisata di “Negeri di Atas Awan” Lolai

Soal kemungkinan koalisi Partai Demokrat dengan Partai Golkar, Marthen mengatakan peluang itu sangat terbuka. Apalagi Partai Golkar merupakan koalisi pada Pilpres tahun 2024 yang lalu, dimana pasangan Capres dan Cawapres yang diusung, memenangkan kontestasi.

“Kemungkinan itu ada saja dan terbuka. Kita akan lihat perkembangannya ke depan,” katanya.

Marthen juga menginformasikan bahwa hingga Senin, 29 April 2024, sudah ada dua bakal calon Bupati Toraja Utara yang mendaftar di Partai Demokrat. Keduanya, yakni Dating Palembangan dan Yohanis Bassang.

“Sesuai komunikasi dengan staf saya, masih ada dua bakal calon Bupati Toraja Utara yang akan mendaftar, yakni Frederik Victor Palimbong (incumbent Wakil Bupati Toraja Utara) dan politisi PDI Perjuangan, yang juga anggota DPRD Kutai Timur, Kaltim, Yusuf Silambi’.  (*)

Penulis: AP Lino
Editor: Arthur

Komentar