oleh

Gunung Sangbua Terancam Longsor, Ratusan Warga Mengungsi

KAREBA-TORAJA.COM, GANDASIL — Hujan deras yang terus mengguyur wilayah kecamatan Gandangbatu Sillanan, Tana Toraja, dalam beberapa hari terkahir mengakibatkan sejumlah tempat terancam bencana tanah longsor.

Salah satunya adalah Gunung Sangbua yang terletak di Lembang Kaduaja, Kecamatan Gandangbatu Sillanan (Gandasil).

Menurut warga, saat ini terdapat sejumlah retakan di sekitar puncak Gunung Sangbua sehingga sangat membahayakan bagi ratusan kepala keluarga yang bermukim di sektiar kaki gunung.

Awal Sukry, salah satu warga Kaduaja, mengatakan saat ini setidaknya warga dari 4 RT yang berada dibawa kaki gunung Sangbua memilih mengungsi. “Posko pengungsian sementara dipusatkan di Pondok Pesantren Al Hidayah Kaduaja,” kata Awal Sukry.

Awal Sukry menyebut warga yang sudah mulai mrngungsi mulai dari RT Baturewan, RT To’kambola, RT Tanete Surruk (paling padat penduduknya di Kaduaja), dan RT Sangbua bagian utara.

Baca Juga  Ahli Geoteknik dan Geofisika Unhas Sebut Getaran dan Dentuman di Lembang Patekke Bersifat Alamiah

Awal Sukry menyebut tanda-tanda retakan dan longsor kecil sudah mulai terjadi dua hari yang lalu, namun intensitas hujan yang tinggi sejak Selasa, 15 Februari 2022 mengakibatkan kondisi retakan semakin melebar dan berpotensi longsor besar.

Saat ini warga yang mengungsi di Pondok Pesantren Al Hidayah Kaduaja membutuhkan selimut dan dapur umum. (*)

Penulis: Arsyad Parende
Editor: Arthur

Komentar

Berita Lainnya