Agustus 2022, PMTI Gelar Event Spektakuler “Magical Toraja”

KAREBA-TORAJA.COM, MAKALE — Perhimpunan Masyarakat Toraja Indonesia (PMTI) akan menggelar event spektakuler bertajuk “Magical Toraja” pada bulan Agustus 2022 di Tana Toraja dan Toraja Utara.

Event yang akan berlangsung dari tanggal 15-31 Agustus ini dilaksanakan dalam rangkaian Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia ke-77, Hari Jadi Toraja ke 775 dan Hari Ulang Tahun Kabupaten Tana Toraja ke-65, serta menyongsong G-20.

“Tujuannya adalah untuk membangkitkan Pariwisata Toraja pasca pandemi Covid-19 dan menghidupkan serta mendorong pertumbuhan ekonomi kreatif di Toraja,” jelas Ketua Panitia Magical Toraja, Belo Tarran, Jumat, 29 Juli 2022.

Belo mengatakan, Magical Toraja dilaksanakan atas kerjasama PMTI dan Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, mengusung tema Pariwisata Maju Indonesia Bangkit melalui festival berbasis massa, yang mana PMTI sebagai simbol pemersatu Toraja Raya (Tana Toraja, Toraja Utara, Mamasa, Bastem, Seko-Rongkong, Kalumpang).

Baca Juga  Foto Berjudul “Ma'Peliang” Ini Jadi Pemenang Lomba Foto Magical Toraja

“Event ini dilaksanakan dalam tiga tahapan, pertama pra event yang sekarang sudah mulai jalan, yakni lomba foto, lomba video (v-log), dan lomba desain Home Stay,” kata Belo.

Tahapan kedua adalah pelaksanaan event, dari tanggal 22-27 Agustus 2022. Segala event budaya, olahraga, pertandingan, perlombaan bertemakan budaya akan dilaksanakan di tanggal ini.

“Saya pastikan akan meriah, karena ada keunikan pada acara pembukaan, yaitu  carnaval fashion budaya, festival maching band, dan atraksi budaya pada tanggal 22-23 Agustus. Ini event yang baru pertama kali dilaksanakan di Toraja,” tutur Belo.

Kemudian, pasca event, dari tanggal 27-31 Agustus 2022. Waktu ini akan dimanfaatkan untuk berwisata di acara-acara adat seperti Rambu Solo’ dan Ma’nene.

Baca Juga  Dua Siswa Sekolah Catur PMTI Bakal Bertanding di Kompetisi Internasional yang Diikuti 19 Negara

Adapun jenis kegiatan yang akan dilaksanakan pada event akbar Magical Toraja ini, diantaranya Lomba Toraja Marching Band bertema kearifan lokal, Carnaval Fashion Budaya, Atraksi Budaya, pameran UMKM dan ekonomi kreatif, beragam pelatihan, lomba desain homestay, dan aksi paralayang.

Kemudian ada lomba Paduan Suara, lomba Folksong, lomba Tari Kreasi, Pemilihan Dodo Pandin, PMTI Idol, lomba v-log pariwisata dan lomba foto kegiatan Magical Toraja.

Panitia Magical Toraja pada bulan Juli 2022 mulai membuka pendaftaran lomba vlog dan foto dengan syarat tema pariwisata Toraja, durasi video 5 menit termasuk credit title, video dan foto diunggah ke google drive dan link di kirim nomor Whatsaap 082129948809 atas nama Ramadan Palimbong, 10 foto finalis akan dipamerkan pada puncak acara, peserta wajib upload di media sosial Facebook, Instagram, dan Twitter dengan hastag #WonderfullIndonesia #G20Indonesia #MagicalToraja #PMTI

Baca Juga  IKT Provinsi dan Kabupaten/Kota se Papua Barat Usung Nama Mayjen TNI Yulius Lumbaa Jadi Ketua Umum PMTI

Selain itu lomba desain homestay juga telah dibuka dengan tema bebas namun berkaitan tentang Toraja, karya diunggah di google drive dan link dikirim ke nomor WhatsApp 085395202232 atas nama Demar Allobunga.

Karya baik lomba vlog dan foto serta lomba desain homestay dikirim paling lambat tanggal 15 Agustus 2022 mendatang sebelum rangkaian dan puncak acara Magical Toraja dimulai. (*)

Penulis: Desianti
Editor: Arthur

Komentar