oleh

Usai Seminar, Dokter Boyke Berikan Vaksin Kanker Serviks di Tana Toraja

KAREBA-TORAJA.COM, MAKALE — Dokter, aktor, dan seksologi ternama Indonesia, dr. Boyke Dian Nugraha, SpOG MARS, tampil sebagai pembicara utama pada Seminar Kesehatan bertajuk “Kupas Tuntas Seks Bebas, Kanker Serviks, dan Kesehatan Wanita” di Hotel Pantan Makale, Tana Toraja, Minggu, 31 Juli 2022.

Selain menjadi narasumber utama, dokter Boyke juga memberikan vaksin kanker serviks dosis pertama kepada beberapa wanita peserta seminar.

Pemerintah sendiri sudah mewajibkan vaksin HPV, baik terhadap anak-anak maupun perempuan dewasa mulai tahun 2022.

“Saya apresiasi sekali dengan panitia, meskipun saya datang terlambat tapi acara masih berjalan, bahkan peserta juga masih banyak yang datang. Saya salut dengan masyarakat Toraja untuk antusiasnya,” ungkap dr. Boyke usai seminar.

Dokter Boyke juga mengucapkan terima kasih kepada Perempuan Indonesia Maju Tana Toraja sudah mengadakan acara ini. “Pesan saya, kanker serviks harus dicegah. Seks bebas harus dicegah. Oleh karena itu kita harus menjaga kesehatan reproduksi wanita,” tegasnya.

Baca Juga  Perempuan Indonesia Maju Bantu Pengungsi di Rano, Tana Toraja

Perempuan Indonesia Maju DPC Tana Toraja sukses menggelar Seminar Kesehatan “Kupas Tuntas Seks Bebas, Kanker Serviks dan Kesehatan Wanita” di Hotel Pantan, 30-31 Juli 2022.

Seminar yang semula direncanakan hanya sehari, akhirnya diselenggarakan selama dua hari karena adanya kendala teknis di hari pertama.

“Seminar terpaksa diadakan dua hari karena kemarin ada sedikit masalah dengan jadwal penerbangan dr. Boyke saat akan ke Toraja. Tapi beliau tetap melanjutkan ke Toraja dengan jalur darat, makanya tiba di Toraja baru kemarin malam. Syukurnya peserta seminar bisa memaklumi kondisi ini, dan bahkan masih semangat ikut di hari kedua,” jelas Ketua PIM DPC Tana Toraha, Ir. Sriyanti Irene Pailang.

Seminar yang diselenggarakan di Hotel Pantan selama dua hari ini terdiri dari tiga sesi, sesi pertama dibawakan oleh Pdt. Yonan Tadius, S. Th.,M.A., M. Psi (Cand) mengenai dampak psikologi seks bebas terhadap hubungan keluarga, lalu di sesi kedua di bawakan oleh penyuluh dari BNNK Tana Toraja, Irmayantri.S.Sos dan Elizabeth Sumule.S.Psi mengenai bagaimana Narkoba membawa dampak hal-hal negatif bahkan hingga seks bebas, dan sesi ketiga oleh dr. Boyke Dian Nugraha, SpOG, MARS mengenai Seks Bebas, Kanker Serviks, dan Kesehatan wanita.

Baca Juga  Besok, Dokter Boyke Kupas Tuntas Soal Seks Bebas, Kanker Serviks, dan Kesehatan Wanita di Tana Toraja

Peserta seminar Kesehatan “Kupas Tuntas Seks Bebas, Kanker Serviks dan Kesehatan Wanita” ini banyak di ikuti oleh tenaga kesehatan dan ibu rumah tangga, bahkan ada yang dari Rano, Masanda, Balusu, bahkan Denpina.

“Kegiatan ini sangat penting menurut saya, karena bisa memberikan pandangan mengenai wanita-wanita khususnya di Toraja mengenai kesehatan reproduksi dan bahaya seks bebas. Dan walaupun dalam kegiatan ini kebanyakan perempuan yang hadir, tapi sebenarnya laki-lakipun perlu tau tentang hal-hal yang di paparkan oleh pemateri dari kemarin, apalagi hari ini dari dr. Boyke,” ungkap dr. Ilham Nikasah, salah satu peserta seminar yang bertugas di Puskesmas Ratte, Masanda.

Dokter Boyke Dian Nugraha menyuntikkan vaksin kanker serviks kepada salah seorang peserta seminar kesehatan di Makale, Tana Toraja. (AP/Kareba Toraja).

Irmawati, salah satu tenaga pendidik di MAN Makale, Tana Toraja, juga menanggapi mengenai seminar ini. “Saya merasa bersyukur sekali bisa ikut kegiatan ini, apalagi dari hari pertama dengan pembicara-pembicara yang santai dan bisa membuka pengetahuan kita tentang dampak negatif dari seks bebas, kita bisa jadi lebih paham, bahkan lebih asyik lagi karena kita bisa bertanya langsung dengan pakarnya, jadi informasi yang kita dapatkan bahkan lebih valid. Semoga PIM Tana Toraja bisa mengadakan lebih sering lagi kegiatan serupa, tidak hanya di bidang kesehatan, tapi yang lain juga, apalagi untuk memajukan perempuan di Toraja,” tutur Irmawati. (*)

Baca Juga  Dewan Pengurus Cabang Perempuan Indonesia Maju Tana Toraja Resmi Dilantik

Penulis: Arsyad Parende/Rls
Editor: Arthur

Komentar