oleh

Gunakan Dana Desa, Pemerintah Lembang To’pao Beli Traktor yang Sesuai Kondisi Wilayah

KAREBA-TORAJA.COM, REMBON — Pemerintah Lembang To’pao Kecamatan Rembon mengalokasikan Dana Desa untuk membeli 4 unit Traktor Model Capung untuk memenuhi kebutuhan petani.

Traktor bermesin honda dan menggunakan bahan bakar bensin ini disalurkan masing-masing 1 unit untuk satu Kampung/Dusun di Lembang To’ Pao.

Traktor Capung ini diserahkan langsung kepada petani pada Selasa, 31 Mei 2022 dan langsung digunakan untuk menggarap area persawahan di wilayah Lembang To’pao, Kecamatan Rembon.

Kepala Lembang To’pao, Imanuel Sambira mengatakan pengadaan traktor capung ini adalah bentuk komitmen dan upaya pemerintah Lembang menjaga ketahanan pangan dan merangsang masyarakat khususnya para petani agar semakin giat menggarap lahan persawahan untuk meningkatkan hasil. Juga melahirkan petani-petani milenial yang berdaya saing.

Baca Juga  PTSP Sidak Izin Usaha, Disperindag Diminta Pantau Harga Elpiji yang Kian Mencekik

Imanuel mengatakan pengadaan traktor jenis capung ini untuk menyesuaikan kondisi geografis wilayah Lembang To’pao yang cenderung konturnya lembah dan gunung sehingga tidak memiliki sawah yang berukuran lebar.

Traktor capung ini ukurannya tidak kecil dan tidak terllu besar juga sehingga mudah dipindahka dari satu tempat ke tempat yang lain sehingga lebih efisien.

Ditanya soal bantuan traktor dari Pemda, Imanuel mengatakan ukuran traktor dari Pemda cenderung lebih besar sehingga sangat sulit jika digunakan di wilayah Lembang To’pao dengan kontur wilayah gunung dan lembah. (*)

Penulis: Arsyad Parende
Editor: Arthur

Komentar