oleh

Vaksin Moderna Mulai Disuntikkan kepada Masyarakat Umum di Toraja Utara

KAREBA-TORAJA.COM, KESU’ — Pemerintah Kabupaten Toraja Utara, melalui Dinas Kesehatan, mulai melakukan vaksinasi Covid-19 dengan jenis vaksin Moderna kepada masyarakat umum, Senin, 30 Agustus 2021.

Pelaksanaan vaksinasi masyarakat umum dengan vaksin Moderna ini digelar hampir serentak di Puskesmas-Puskesmas yang ada di Toraja Utara.

Untuk diketahui, Dinas Kesehatan membagikan 210 vial vaksin Moderna dan 1.130 vaksin Sinovac ke Puskesmas-Puskesmas pada Minggu, 29 Agustus 2021 untuk dilakukan vaksinasi pada Senin, 30 Agustus 2021.

Jika 1 vial Sinovac diberikan kepada 10 orang maka jumlah warga yang bisa tersentuh vaksin ini sebanyak 11.300 orang. Sedangkan untuk jenis vaksin Moderna, 1 vial diperuntukan bagi 14 orang, sehingga 2.940 warga bisa mendapatkannya.

Baca Juga  Objek Wisata di Toraja Utara Ditutup Selama 2 Minggu

Bupati Toraja Utara, Yohanis Bassang memantau langsung pelaksanaan vaksinasi dengan vaksin Moderna kepada warga yang dilakukan oleh petugas PKM Bua Tallulolo, di Hotel Misiliana.

Kepada para petugas kesehatan, OmBas, sapaan akrab Yohanis Bassang meminta agar masyarakat harus dilayani hingga stok vaksin habis.

“Jangan menunda-nunda, kalau ada vaksin hari ini, layani masyarakat sampai stoknya habis. Antusias masyarakat akan vaksin ini sangat tinggi. Maka itu, saya sampaikan kepada Kepala Puskesmas Bua Tallulolo agar jatah stok vaksin yang ada harus dihabiskan,” tegas OmBas.

OmBas juga juga meminta agar masyarakat yang hadir dalam kegiatan vaksinasi ini agar menerapkan protokol kesehatan.

“Antusiasme boleh saja tinggi, tapi tetap jaga protokol kesehatan. Antri dengan tertib dan jaga jarak, jangan berkumpul, tetap memakai masker,” tandas OmBas.

Baca Juga  Polisi dan Satgas Covid-19 Kembali Hentikan Upacara Adat di Sesean

Puskesmas Bua Tallulolo memberikan pelayanan vaksin Moderna sebanyak 15 vial untuk 225 warga dosis pertam 3 vial vaksin Sinovac untuk 30 warga dosis kedua. (*)

Penulis: Papa Rey
Editor: Arthur

Komentar

Berita Lainnya